Dark/Light Mode

Butuh Kualifikasi Dokter Tinggi

Menkes Minta RSUP dr. Ben Mboi Prioritaskan Dokter Asli NTT

Rabu, 6 Desember 2023 23:43 WIB
Foto: Kemenkes
Foto: Kemenkes

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta pemenuhan dokter spesialis di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi diprioritaskan bagi dokter-dokter lokal asli Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kita butuh dokter-dokter yang kualifikasinya tinggi. Usahakan cari orang NTT dulu. Kalau tidak ada, baru ambil dari orang luar NTT. Nanti kami bantu,” kata Menkes Budi saat meresmikan RSUP dr. Ben Mboi di Kupang, NTT, Rabu (6/12/2023).

Terdapat beberapa dokter yang dikirim Penjabat (Pj) Gubernur NTT Ayodhia Kalake untuk memenuhi standar minimal kualifikasi.

Menkes Budi meminta agar dokter-dokter tersebut diberikan bimbingan. 

Baca juga : Tutup Rakernas PDIP, Mega: Ganjar Prioritaskan Kesejahteraan Petani Dan Nelayan

Dia juga mengharapkan RSUP dr. Ben Mboi diisi paling banyak dokter spesialis orang NTT, seperti dr. Ben Mboi yang merupakan dokter spesialis asli NTT.

“Saya maunya orang-orang lokal supaya mereka jadinya tidak pulang pergi. Dokter-dokter orang NTT yang di Jakarta juga diharapkan pulang, karena rumah sakitnya sudah bagus,” ungkap Menkes Budi.

Eks Wakil Menteri BUMN ini menambahkan, RSUP dr. Ben Mboi merupakan rumah sakit dengan fasilitas yang paling lengkap se-Nusa Tenggara.

Sehingga, memang ditujukan sebagai rumah sakit rujukan untuk wilayah Nusa Tenggara Timur.

Baca juga : Pakar Lingkungan UI Minta Energi Bersih PLTA Diprioritaskan Untuk Pangkas Emisi

Layanan di rumah sakit, lanjut Menkes, diharapkan juga dapat menjangkau negara tetangga seperti Timor Leste.

Rumah sakit yang diresmikan oleh Presiden Jokowi pada hari ini (6/12/2023) juga merupakan salah satu rumah sakit jejaring pengampuan layanan Kanker, Jantung, Stroke, Uronefrologi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KJSU-KIA) di Rumah Sakit sebagai bagian pilar transformasi layanan kesehatan rujukan Kementerian Kesehatan.

Senada dengan Menkes, Direktur Utama RSUP dr. Ben Mboi, Annas Ahmad, berharap RSUP dr. Ben Mboi dapat menjadi rumah sakit rujukan nasional dan internasional.

Sehingga masyarakat di NTT dan sekitarnya yang menderita penyakit tidak perlu lagi dirujuk ke Jakarta, cukup ditangani di RSUP dr. Ben Mboi.

Baca juga : Lestari Minta Sektor Pariwisata Waspada

“RSUP dr. Ben Mboi memiliki layanan unggulan yang diharapkan akan menjadi rumah sakit rujukan regional, nasional, bahkan internasional. Karena mengingat RSUP dr. Ben Mboi bersebelahan dengan negara tetangga, Timor Leste,” ungkap Annas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.