Dark/Light Mode

RSUP dr. Ben Mboi Diresmikan, Warga NTT Tak Perlu Jauh-Jauh Berobat Ke Jakarta

Rabu, 6 Desember 2023 22:46 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meresmikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Rabu (6/12/2023).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi. 

Dalam sambutannya, Presiden mengatakan pemerataan infrastruktur kesehatan yang paripurna harus dilakukan hingga ke timur Indonesia untuk mencapai pemerataan akses kesehatan bagi masyarakat.

“Semoga ini menjadi infrastruktur kesehatan di NTT dan juga bisa meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta, cukup di sini, semua bisa ditangani,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyatakan, RS terbesar di Indonesia bagian timur utamanya di NTT.

Rumah sakit ini menempati lahan seluas kurang lebih 14 hektare dan bangunannya sendiri 35 ribu meter persegi.

Baca juga : Bertemu Warga NTT, Ganjar Cerita Awal Mula Nama Kupang

“Saya lihat juga alkesnya super modern, ada MRI, CT Scan, saya berpikir ini yang mengoperasikan ada atau tidak? Karena alatnya ini sangat modern harusnya bisa bekerja sama dengan RS yang lain,” tutur Jokowi.

Secara khusus, Presiden juga meminta tenaga spesialis dan subspesialis di rumah sakit dipenuhi.

“Yang paling penting adalah penambahan tenaga kesehatan spesialis dan subspesialis segera memang harus dikejar, agar kekurangan yang ada bisa segera dipenuhi,” lanjut Presiden.

RSUP dr. Ben Mboi Kupang resmi melayani pasien secara umum dan bekerja sama dengan BPJS sejak tanggal 1 Juni 2023.

Rumah sakit menyiapkan sejumlah tenaga dokter spesialis untuk dapat melayani kasus Kanker, Jantung, Strok, dan Uronefrologi (KJSU).

Terdiri atas spesialis Bedah, Penyakit Dalam, Anak, Kebidanan & Kandungan, Anestesi, Radiologi, Paru, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, THT, Mata, Gigi dan Prosthodontia.

Baca juga : Besok Diresmikan Presiden, Ini Profil PLTS Terapung Cirata

Kemudian, Urologi, Bedah Vaskuler, Bedah saraf (neurologi intervensi), Radiologi Onkologi, dan Ahli Jantung.

Alat kesehatan yang sudah dimiliki RSUP Ben Mboi adalah Digital X-ray, Mobile X-ray, Dental X-ray, Mammography, Fluoroscopy, CT Scan 128 Slice, MRI 1,5 Tesla.

Lalu, Ultrasonography. Lalu, Echocardiography, ESWL, Endoscopy, Laparoscopy, Bronchoscopy, Endo Urologi, Laser Urologi, Hemodialisa, Cath Lab Hybrid, dan Set Laboratorium.

Menkes Budi menyampaikan sesuai instruksi presiden, pembangunan infrastruktur kesehatan, khususnya untuk wilayah timur terus dilakukan untuk memperluas jangkauan pelayanan kesehatan.

Pendirian RSUP dr Ben Mboi Kupang adalah rumah sakit Kedua yang dibangun Kemenkes di Kawasan Timur Indonesia setelah Rumah Sakit pertama di Ambon Maluku (RSUP dr. J.Leimena) dalam kurun waktu 2018-2024.

Menkes Budi juga melaporkan saat ini juga tengah dibangun dua rumah sakit superhub untuk wilayah tengah dan timur Indonesia dengan pelayanan kesehatan sekelas RSCM.

Baca juga : Warga Malaysia Dan Brunei Juga Ikut Nyoba Whoosh

Kedua, superhub ini direncanakan selesai sebelum bulan Agustus tahun depan.

Satu RS superhub dibangun di Surabaya mudah-mudahan tahun depan sudah selesai di Juni-Juli untuk menarik pasien yang lebih kompleks, membutuhkan perawatan dari Bali, NTB, NTT itu ditarik di Surabaya.

“Superhub kedua di Makassar untuk RS Leimena Ambon, Papua, dan Kalimantan. Kelasnya mendekati RSCM, dua RS besar ini,” tandas Menkes Budi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.