Dark/Light Mode

Dari Arena COP28 Dubai, Uni Emirat Arab

Satu Dekade Jokowi Tangani Krisis Iklim Tunjukkan Hasil

Kamis, 7 Desember 2023 07:30 WIB
Presiden Jokowi usai berbicara di Presidency Session on Protecting Nature for Climate, Lives, and Livelihoods dalam World Climate Action Summit (WCAS) COP28 di Al Waha Theatre, Expo City Dubai, Dubai, Persatuan Emirat Arab (PEA), Sabtu, 2 Desember 2023.
Presiden Jokowi usai berbicara di Presidency Session on Protecting Nature for Climate, Lives, and Livelihoods dalam World Climate Action Summit (WCAS) COP28 di Al Waha Theatre, Expo City Dubai, Dubai, Persatuan Emirat Arab (PEA), Sabtu, 2 Desember 2023.

 Sebelumnya 
 

Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam sesi lainnya menyebut tentang pengembangan pem­bangkit listrik tenaga hidro, yang penting sebagai tulang pung­gung strategi nasional dalam membangun ekonomi rendah karbon. Sebagian besar potensi pembangkit Hidro berada di negara berkembang dan belum dimanfaatkan secara maksimal.

Baca juga : BI Dan Bank Sentral Uni Emirat Arab Perkuat Kerja Sama Keuangan Islam

Transformasi energi dan bis­nis ramah lingkungan telah dilakukan oleh banyak perusa­haan. Dalam dialog sesi CEO Talk, sejumlah Direktur Utama BUMN dan perusahaan swasta menceritakan komitmen dan strateginya mencapai Net Zero Emission di 2060. Menurut Dirut Pertamina Nicke Widyawati, perlu strategi holistik, karena tak ada one solution fits all. Pertamina mengembangkan tiga inisiatif strategis yang kom­prehensif, yaitu dekarbonisasi pada operasional perusahaan, membangun bisnis baru rendah karbon dan penerapan program penyeimbangan karbon.

Bukan hanya Pertamina. PLN sebagai lokomotif transisi energi pun sudah melakukan banyak hal. Dirut PLN Darmawan Pra­sodjo di arena COP28 melaku­kan sinergi BUMN dengan penandatanganan kerjasama dengan PT Bukit Asam Tbk. Sisa abu pembakaran batu bara dari PLTU milik PLN diman­faatkan untuk penetralisir air asam pada bekas tambang. PLN juga meluncurkan program pe­manfaatan limbah pertanian dan perkebunan menjadi rantai pasok biomassa. Program ini mendorong percepatan transisi energi sekaligus menggerakan perekonomian masyarakat me­lalui lapangan kerja yang masif.

Baca juga : Dubes Uni Emirat Arab Untuk Indonesia Menari Di Perayaan Hari Nasional

Menurut Dirut PLN Darmawan Prasodjo, PLN juga melakukan kolaborasi melalui JETP (Just Energy Transition Partnership), sebagai salah satu program pendanaan transisi energi. Ada ratusan proyek yang diajukan pembiayaannya. Salah satunya penambahan kapasitas pembangkit energi bersih dan green enabling transmission untuk memastikan pasokan lis­trik disalurkan secara adil merata ke seluruh Indonesia.

Sesi dialog mengenai energi baru banyak sekali. Energi yang dikembangkan ada penggunaan surya, air, angin, panas bumi, arus laut, pengembangan bio­diesel, bioethanol dan bioavtur.

Baca juga : Jokowi Bawa Misi Investasi Dan Ekspor

Banya pengunjung datang ke paviliun Indonesia bukan hanya untuk mendengarkan sesi dialog-nya. Tetapi juga karena tertarik untuk melihat budaya Indonesia melalui tari-tarian yang dit­ampilkan. Dan juga makanan­nya. Ada suguhan kopi dan camilan khas Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.