Dark/Light Mode

Buka UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2023

Presiden Minta Penyaluran Kredit Ke UMKM Dipermudah

Kamis, 7 Desember 2023 15:27 WIB
Presiden Jokowi membuka UMKM Expo(rt) Brilianpreneur, di Jakarta Hall Convention Center, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Oji).
Presiden Jokowi membuka UMKM Expo(rt) Brilianpreneur, di Jakarta Hall Convention Center, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Oji).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta agar pembiayaan ke sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dipermudah. Pasalnya, penyaluran kredit perbankan ke UMKM hanya 21 persen dari total kredit. Padahal, Pemerintah menargetkan penyaluran kredit ke UMKM mencapai 30 persen.

"Penyaluran kredit UMKM harus dipermudah agar UMKM bisa naik kelas. Saya selalu dorong, yang berkaitan dengan pembiayaan UMKM harus dipermudah, karena kalau kita melihat penyaluran kredit perbankan ke UMKM baru 21 persen dari total kredit," ucapnya dalam acara Opening Ceremony UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2023 Crafting Global Connection di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (6/12/2023).

Baca juga : Lestari Ingin Proses Perizinan Sektor UMKM Dipermudah

Jokowi mengatakan, kredit perbankan nasional di UMKM baru sebesar 21 persen dari total kredit. Angka itu masih jauh dibandingkan China dan Jepang yang sebanyak 65 persen, dan India yang mencapai 50 persen.

Jokowi meminta, agar Kementerian BUMN bersama dengan otoritas terkait untuk memperbaiki regulasi, guna mempermudah UMKM memperoleh kredit atau pembiayaan. "Prospek itu mesti dilihat. Jangan hanya melihat agunannya mana. Nggak punya agunan, tetapi prospek bagus mesti juga bisa diberi kredit," ujarnya.

Baca juga : Presiden Jokowi Dorong Kolaborasi Atasi Masalah Kelautan

Jokowi menyebut, sebesar 61 persen PDB ekonomi Indonesia didukung oleh UMKM. “Dan 97 persen yang berkaitan dengan tenaga kerja, itu juga penyerapannya oleh usaha-usaha UMKM. Ini yang penting,” katanya.

Sementara ekspor UMKM saat ini baru mencapai 15,7 persen. Jumlah itu masih di bawah Singapura yang sebesar 41 persen dan Thailand 29 persen. Hal tersebut, menjadi pekerjaan besar dan selalu didorong yang berkaitan dengan pembiayaan yang harus dipermudah.

Baca juga : Presiden Horta dan Menlu Australia Jadi Pembicara

Ia pun mengapresiasi, penyaluran kredit UMKM oleh bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) paling besar dilakukan Bank Rakyat Indonesia (BRI), yakni sebanyak 83 persen dari total penyaluran kredit seluruh bank BUMN ke UMKM.

"Memang UMKM ini yang pegang memang hampir semua dipegang BRI, bank yang lain nggak diberi peluang. Ini yang penting, saya sangat menghargai mengapresiasi Brilianpreneur ini yang saya lihat di depan produk-produk yang ditampilkan sangat baik, kemasan juga saya liat bagus-bagus branding-nya juga bagus-bagus,” ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.