Dark/Light Mode

AMMI: Presiden Amat Perhatian Ke Kaum Muda Papua

Kamis, 20 Juli 2023 14:12 WIB
Presiden Jokowi saat berkunjung ke Papua. Foto: Istimewa
Presiden Jokowi saat berkunjung ke Papua. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Aliansi Mahasiswa Milenial Indonesia (AMMI) mengapresiasi komitmen dan perhatian besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada kaum muda Papua. Ketua Umum AMMI Nurkhasanah mengatakan, perhatian Presiden Jokowi kepada generasi muda Papua ditunjukkan ke dalam kebijakan dan program konkret.

"Sebagai contoh adalah pembangunan Papua Youth Creative Hub (PYCH) untuk mewadahi kreativitas dan inovasi generasi kaula muda Papua," ujar Nurkhasanah dalam keterangan persnya, Kamis (20/7).

Menurutnya, PYCH ini diharapkan melahirkan banyak produk atau start-up inovatif di Papua. Oleh sebab itu, beragam training atau short course diadakan guna mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia (SDM) Papua.

"Kita ketahui bahwa fasilitas PYCH pun lengkap. Selain ruang pelatihan, terdapat juga ruang serbaguna, rapat dan ruangan yang bisa dijadikan co-working space. Fasilitas yang dapat memanjakan kaum muda Papua nyaman dan betah berlama-lama kerja di PYCH," jelas Nurkhasanah.

Baca juga : Resmi, Persija Datangkan Pemain Muda Eks Timnas Jerman

Di samping PYCH, Nurkhasanah mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi membangun Papua Football Academy (PFA). Secara historis, kata Nurkhasanah, Papua tidak kehabisan talenta pemain sepakbola. Dari Elly Eboy, Ivakdalam, Boaz Salossa, hingga Rumakiek adalah sederet pemain berasal dari tanah Cenderawasih.

Kehadiran PFA bisa masif melahirkan talenta pemain sepakbola dari tanah Papua.

"Apalagi November mendatang Indonesia akan menjadi tuan rumah di ajang Piala Dunia U-17. Kontribusi PFA sangat dinanti publik dan diharapkan memasok skuad Timnas U-17 yang akan berlaga di level elit junior dunia," sambung Nurkhasanah.

Tak hanya itu, di ranah akademik, Pemerintah Jokowi membangun Universitas Internasional Papua UIP). Perguruan Tinggi level internasioanl pertama di tanah Papua. Target utamanya jelas membangun SDM Papua yang inovatif, kreatif, dan produktif menghasilkan temuan-temuan baru di tanah Papua.

Baca juga : Billy Mambrasar: Presiden Jokowi Sayang Papua

Kabar menggembirakan lainnya, UIP memiliki dua fakultas unggulan, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Memiliki fasilitas riset skala internasional.

Tak main-main, para tenaga pengajarnya pun dihadirkan dari Papua dan luar negeri. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran UIP sudah disesuaikan dengan standar internasional. Di antaranya penerapan aplikasi platform pendidikan berupa TKBEL.

"TKBEL adalah sebuah aplikasi yang dapat memudahkan mahasiswa belajar hingga bisa tur museum melalui gawai (gadget)," terang Nurkhasanah.

Sejumlah fasilitas tersebut--dalam pandangan Nurkhasanah--visi besar Presiden Jokowi adalah mencetak sumber daya manusia Papua yang mampu bersaing dengan pulau lain bahkan, dengan negara lain.

Baca juga : Pandawa Ganjar Gelar Pelatihan Desain Grafis Bagi Anak Muda Papua Di Jaksel

"Pemerataan sektor pendidikan menjadi kunci utama mengakselerasi kualitas pendidikan di Papua. Percepatan sekolah-sekolah yang terisolir akan membuka dan mempermudah akses anak-anak Papua bersekolah," kata Nurkhasanah.

Nurkhasanah menegaskan, kunjungan kali ketujuh belas Presiden Jokowi menggambarkan betapa besar komitmennya dalam membangun Papua.

AMMI pun ikut memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang telah menunjuk Billy Mambrasar sebagai Staf Khusus Presiden Milenial.

"Kami ikut mengapresiasi setinggi-tingginya atas penunjukan Presiden Jokowi kepada Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden dari milenial. Billy ikut terlibat aktif dan responsif terhadap perintah dan instruksi Presiden. Dia juga cekatan menerjemahkannya ke dalam langkah strategis yang bisa diterima oleh masyarakat Papua," tutup Nurkhasanah

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.