Dark/Light Mode

Kemenhub Anggarkan Rp 1,06 Triliun Untuk Transportasi Wisata Danau Toba

Senin, 14 Oktober 2019 20:14 WIB
Menhub Budi Karya saat meninjau Bandara Sibisa Sumatera Utara, Senin 14/10).
Menhub Budi Karya saat meninjau Bandara Sibisa Sumatera Utara, Senin 14/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain membenahi Bandara Sibisa di Sumatera Utara, Menhub Budi Karya akan membangun konektivitas transportasi lainnya di Kawasan Danau Toba yang menjadi destinasi widata super prioritas. 

Kementerian Perhubungan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,06 triliun bagi pembangunan dan pengembangan sektor transportasi di Kawasan Danau Toba di 2020

Baca juga : BKS Mau Kembangin Transportasi Laut Di Ibu Kota Baru

"Kita akan bangun 12 dermaga, dua kapal RoRo dan saya pikir akan masif sekali. Toba akan menjadi danau yang sibuk hubungan satu tempat dengan yang lain. Nanti terminal itu akan ada bangunan-bangunan tematik Batak dengan kuliner budaya dan lainnya," ujar Menhub saat meninjau Bandara Sibisa Sumatera Utara,Senin (14/10).

Ke-12 dermaga penyeberangan yang akan dibangun antara lain di daerah Balige, Muara, Ambarita, Ajibata, Simanindo, Tigaras, Sipinggan, Onanrunggu, Onanbaru, Neinggolan, Pakkara, dan Marbuntoruan.

Baca juga : PLN Kucurkan Bantuan Rp 75 Juta Untuk Korban Gempa Di Ambon

Selain dermaga penyeberangan, dikatakan Menhub pihaknya juga akan menyiapkan angkutan darat untuk menunjang konektivitas transportasi baik dari Silangit - Ajibata maupun dari Silangit ke kawasan Kaldera yang baru saja diresmikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

"Yang mau kita sediakan itu bus pariwisata dari Silangit ke Ajibata dan Silangit ke Kaldera. Itu nanti kita lihat kebutuhannya apa. Kita akan mensubsidi mereka. Katakanlah mustinya angka ekonomis berapa Rp 20 ribu, nanti kita subsidi supaya terjangkau dan mudah," ucapnya.

Baca juga : Kemenhub Tawarkan Investasi Maritim Ke Belanda

Selain meninjau Bandara Sibisa Menhub Budi juga sempat menghadiri acara Peresmian Pembangunan Kawasan Toba Kaldera Resort bersama Menko Kemaritimas Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.(KPJ)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.