Dark/Light Mode

Hakordia 2023, Irjen Kemenkes Sabet Penghargaan Dari KPK

Selasa, 12 Desember 2023 18:48 WIB
Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Murti Utami mendapat penghargaan dari KPK. (Foto:  Kemenkes)
Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Murti Utami mendapat penghargaan dari KPK. (Foto: Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Murti Utami mendapatkan, penghargaan Ahli Pembangun Integritas Kreatif dan Inspiratif Tahun 2023 dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penghargaan tersebut diterima bertepatan dengan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Ahli Pembangun Integritas adalah personel bersertifikasi yang kompeten membangun sistem integritas yang berstandar nasional dalam upaya pemberantasan korupsi pada instansi pemerintah, pelaku usaha, dan pemangku kepentingan lainnya.

Dengan memiliki kompetensi ini, para Ahli Pembangun Integritas ini akan menjadi focal point dan perpanjangan tangan KPK dalam upaya perbaikan sistem dan implementasi sistem pencegahan korupsi di sektor dunia usaha.

Baca juga : Hakordia 2023, Jokowi Minta DPR Segera Tuntaskan UU Perampasan Aset

Kompetensi Ahli Pembangun Integritas, yakni memiliki peran strategis dalam membangun sistem integritas yang berstandar nasional dalam upaya pemberantasan korupsi pada instansi pemerintah, pelaku usaha, dan pemangku kepentingan lainnya.

Upaya pemberantasan korupsi tidak dapat hanya dilakukan melalui upaya-upaya penindakan pelaku, tetapi juga upaya-upaya pencegahan melalui perbaikan sistem serta pembangunan perilaku dan budaya antikorupsi. Upaya-upaya tersebut dilakukan KPK dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

Peringatan puncak Hari Anti Korupsi Sedunia kali ini merupakan pengejawantahan dari sinergi berbagai elemen bangsa dalam upaya pemberantasan korupsi. KPK memiliki peran utama dalam partisipasi publik untuk meningkatkan inisiatif dan kesadaran masyarakat memberantas korupsi di Indonesia.

Baca juga : Plt Ketua KPK Berharap, Presiden Dorong Kembali Upaya Pemberantasan Korupsi

Presiden RI Joko Widodo mengatakan ada banyak pejabat di Indonesia yang sudah ditangkap dan dipenjarakan. Tidak ada negara lain yang menangkap dan memenjarakan pejabatnya sebanyak di negara Indonesia.

”Oleh sebab itu, kita butuh upaya bersama yang lebih sistemik, yang lebih masif, yang memanfaatkan teknologi terkini untuk mencegah tindak pidana korupsi. Kita perlu perkuat sistem pencegahan termasuk memperbaiki kualitas SDM aparat penegak hukum kita, sistem pengadaan barang dan jasa, sistem perizinan, dan sistem pengawasan internal,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya pada Hakordia 2023 di Istora Senayan, Selasa (12/12/2023).

Hakordia 2023 dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan menteri lain di Kabinet Kerja, serta kepala lembaga dan kepala pemerintah daerah se Indonesia.

Baca juga : Khofifah Apresiasi 2 Unit Kerja Pemprov Jatim Raih Penghargaan Zona Integritas

Hakordia tahun ini mengusung tema ‘Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju’. Tema tersebut menunjukkan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia tidak hanya bisa bergantung pada KPK, tetapi melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.