Dark/Light Mode

Hakordia 2023

Plt Ketua KPK Berharap, Presiden Dorong Kembali Upaya Pemberantasan Korupsi

Selasa, 12 Desember 2023 10:52 WIB
Foto: Oktavian/RM
Foto: Oktavian/RM

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar acara puncak Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango meminta Presiden Jokowi yang hadir dalam acara itu untuk memimpin upaya pemberantasan korupsi dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. 

"Kami di KPK berharap sangat agar Bapak dapat memimpin upaya pemberantasan korupsi ke depan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat secara kelembagaan,” ujarnya. 

Baca juga : Petani Kendari Titip Pesan Ke Ganjar, Kalau Terpilih Berantas Korupsi

Karena itu, peringatan Hakordia 2023 mengambil tema ‘Sinergi untuk Berantas Korupsi untuk Indonesia Maju’. 

Tema itu diambil, lantaran menurut dia, sinergi antar seluruh lembaga penting untuk memberantas praktik korupsi di Indonesia.

“Sengaja kami mengambil tema Sinergi untuk berantas korupsi, untuk indonesia maju. Karena kami merasa sinergi antar semua elemen bangsa perlu diperkuat,” beber Nawawi.

Baca juga : Harga Pertamax Series dan Dex Series Kembali Turun di Desember

Menurutnya, pemberantasan dan pencegahan korupsi tidak bisa dilakukan hanya melalui aspek kelembagaan dengan pembentukan lembaga atau hanya aspek regulasi melalui penerbitan UU, PP, Perpres atau hanya bersandar pada kinerja aparat penegak hukum.

“Sinergitas gerak dari seluruh elemen bangsa harus kembali dipimpin untuk bergerak maju. Sekali lagi bukan hanya sinergi antar aparat penegak hukum saja, tetapi juga sinergi antar pemerintah dengan masyarakat, dengan dunia usaha,” ungkapnya

Selain Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan sejumlah menteri turut hadir di lokasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.