Dark/Light Mode

4.988 BTS 4G Telah Selesai

Top, Budi Arie Gercep

Rabu, 20 Desember 2023 07:30 WIB
Menkominfo Budi Arie Setiadi. (Foto: Antara)
Menkominfo Budi Arie Setiadi. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Budi Arie menilai, musyawarah diperlukan untuk memilih solusi-solusi yang lebih kom­prehensif dan tepat guna sesuai kondisi geografis dan tantangan di wilayah-wilayah tersebut.

“Proyek ini diharapkan bisa melayani masyarakat. Kami ber­terima kasih karena merupakan upaya bersama dari Satuan Tugas BAKTI Kominfo, Aparat Penegak Hukum (APH), lem­baga pengawas keuangan dan lain-lain,” ucapnya.

Pembiayaan pembangunan BTS 4G berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dikelola Kemenkominfo.

Baca juga : Sengketa Selesai, Badan Arbitrase Kembali ke Ahli Waris

Bahkan, BAKTI Kemenkominfo juga melanjutkan kontrak kerja dengan mitra terdahulu untuk operasional BTS 4G di daerah 3T. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerataan infra­struktur digital nasional.

“Pembangunan menara BTS 4G BAKTI adalah upaya nyata memenuhi komitmen menghadirkan layanan seluler 4G bagi masyarakat masyarakat di dae­rah 3T secara bertahap, karena proyek ini merupakan salah satu agenda strategis nasional,” terang Budi Arie.

Satgas BAKTI Kemenkominfo Sarwoto Atmosutarno mengungkapkan, peresmian proyek BTS 4G tengah menunggu jadwal dari Presiden Joko Widodo.

Baca juga : Menhub Sebut Potensi Pergerakan Nataru Capai 107 juta, Imbau Warga Tak Motoran

“Lagi persiapan ke situ. Menunggu jadwal presiden yang padat,” ucapnya.

Sedangkan Direktur Utama BAKTI Kemenkominfo Fadhilah Mathar belum mengungkapkan tanggal peresmian BTS 4G. Nantinya, peresmian diagendakan bersamaan pengoperasian Satelit Republik Indonesia atau Satria-1.

“Iya, nanti sekalian,” ungkap Fadhilah Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengapre­siasi langkah cepat Menkominfo dalam menuntaskan proyek BTS 4G.

Baca juga : Wapres Beri Anugerah Monev 15 BP Kualifikasi Informatif Terbaik Nasional

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 20/12/2023 dengan judul 4.988 BTS 4G Telah Selesai, Top, Budi Arie Gercep

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.