Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemendagri Perkuat Strategi Pembumian Pancasila

Rabu, 16 Oktober 2019 21:32 WIB
Rakornas Simpul Strategis Pembumian Pancasila di Merlyn Park Hotel, pada Rabu (16/10).
Rakornas Simpul Strategis Pembumian Pancasila di Merlyn Park Hotel, pada Rabu (16/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 'Simpul Strategis Pembumian Pancasila' di Merlyn Park Hotel, pada Rabu (16/10).

Dalam sambutannya, Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar mengatakan, Rakornas digelar sebagai tindak lanjut dari kegiatan MoU antara Kemendagri dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Baca juga : Konser Perjalanan Panjang Ari Lasso Dibatalkan

“Rakornas ini merupakan tindak lanjut dan merupakan arahan langsung dari Bapak Menteri Dalam Negeri untuk mendukung imlementasi pelaksanaan MoU antara Kemendagri dan BPIP pada tanggal 20 Mei 2019  tentang Pelaksanaan Pembinaan Ideologi Pancasila,” kata Bahtiar.

Menurutnya, Rakornas dengan tema “Simpul Strategis Pembumian Pancasila” ini juga merupakan momentum sebagai penguatan simpul seluruh Kesbangpol di Indonesia untuk mereaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca juga : Mendagri: Kesbangpol, Kunci Stabilitas Daerah dan Nasional

“Momentum Rakornas ini sebagai penguatan simpul seluruh jajaran Kesbangpol di seluruh tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota untuk secara terus-menerus dan bersama dengan BPIP menggelorakan dan mereaktualisasi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maka tidaklah berlebihan rasanya jika Rakornas kita saat ini bertemakan “Simpul Strategis Pembumian Pancasila,” ujarnya.

Ia menambahkan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) adalah agen utama dalam pembumian Pancasila dan akan menjadi motor penggerak dan penjuru pembumian Pancasila di seluruh daerah di tanah air.

Baca juga : Sistem Informasi di Kemendagri Permudah Kontrol Kinerja Pemerintah

“Kemendagri bertindak sebagai simpul strategis atau poros pemerintahan dalam negeri mengembangkan dan melibatkan banyak unsur masyarakat dan bekerjasama dengan unit-unit Pemerintahan lainnya termasuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila,” ungkapnya.

Turut hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono, perwakilan Mendikbud, Perwakilan dari BNPT dan Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.