Dark/Light Mode

Pemerintah Perpanjang Kerja Sama Pengembangan KEK Dengan Kadin

Kamis, 10 Oktober 2019 14:14 WIB
Menko Perekonomian Darmin Nasution bersama Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani saat tukar naskah kerja sama. (Foto: Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Darmin Nasution bersama Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani saat tukar naskah kerja sama. (Foto: Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memperpanjang kerja sama pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan Kadin. Kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan pembangunan dan pengembangan KEK.

Kerja sama tersebut ditandatangani oleh Ketua Dewan KEK yang juga Menko Perekonomian Darmin Nasution dengan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani  di Jakarta, Kamis (10/10).

Baca juga : Gandeng PUPR, Kejaksaan Ikut Kawal Pembangunan Ibu Kota Baru

Nota kesepahaman ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta dunia usaha dalam mempercepat pembangunan dan pengembangan KEK sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya tarik investasi, dan meningkatkan nilai investasi.

“Dunia usaha memiliki peran penting dalam pengembangan KEK di berbagai pelosok Tanah Air. Oleh karena itu, guna mendorong dan meningkatkan partisipasi dunia usaha dalam mempercepat pembangunan dan pengembangan KEK, Dewan Nasional KEK menjalin kerja sama dengan Kadin Indonesia,” ujar Menko Darmin. 

Baca juga : Kabid Pengadaan dan Pengembangan BKD Pemkab Subang Jadi Tersangka Gratifikasi

Nota Kesepahaman ini berlaku selama jangka waktu 5 tahun ke depan, dan merupakan perpanjangan atas Nota Kesepahaman tentang Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus yang telah ditandatangani di Jakarta pada 27 Juli 2017 dan berlaku selama 2 tahun.

Dengan kerja sama ini, upaya peningkatan investasi KEK dilakukan melalui serangkaian forum bisnis, road show, dan sosialisasi kepada investor. Selain itu juga dengan meningkatkan kemampuan Badan Usaha Pembangunan dan Pengelola KEK dalam pengelolaan dan pemasaran KEK melalui serangkaian kegiatan pelatihan, Focus Group Discussion (FGD), studi banding, dan kegiatan lain untuk menarik investasi serta memberi masukan dalam rangka evaluasi dan peningkatan daya saing KEK.

Baca juga : RI-Singapura Genjot Pengembangan Kawasan Industri Kendal

Menurut Darmin, kerja sama dengan Kadin Indonesia meliputi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan investasi di KEK melalui serangkaian kegiatan pendukung. Hal tersebut dilakukan dengan meningkatkan kapasitas badan usaha pembangun dan pengelola KEK terkait dengan pengelolaan dan pemasaran KEK dan memberikan masukan dalam rangka evaluasi dan peningkatan daya saing KEK. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.