Dark/Light Mode

Kabinet Kerja I Berakhir, Nila Moeloek Ingin Tetap Mengabdi

Sabtu, 19 Oktober 2019 01:07 WIB
Nila Moeloek (Foto: Twitter Kemenkes)
Nila Moeloek (Foto: Twitter Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, ingin tetap mengabdi kepada bangsa dan Tanah Air selepas menanggalkan jabatan Menkes seiring berakhirnya Kabinet Kerja jilid I. Andai nanti tak jadi menteri lagi di Kabinet Kerja jilid II, Nila Moeloek mengaku bisa mengabdi di posisi lain.

"Kita tetap mengabdi kepada bangsa. Saya punya background dari kesehatan, saya tetap saja bisa mengerjakan banyak hal yang bisa dikerjakan," kata dia, di Jakarta, Jumat (18/10), seperti dikutip antaranews.com.

Baca juga : 5 Tahun Kabinet Kerja, Pos Lintas Batas Negara Nggak Kumuh Lagi

Pada suatu kesempatan, Nila pernah mengungkapkan keinginannya untuk kembali menjadi pengajar bidang kesehatan. Nila adalah dokter spesialis mata sekaligus ahli oftalmologi yang juga Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Jumat kemarin merupakan hari terakhir masa dinas Nila bekerja sebagai Menteri Kesehatan. Dia mengisi hari terakhir itu dengan kunjungan kerja ke Gorontalo.

Baca juga : Lagi, Kepala Daerah Diminta Pelototin Dana Desa

Menurut dia, Kementerian Kesehatan telah bekerja keras melakukan banyak upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat selama lima tahun pemerintahan Jokowi-JK. Yang terbaru, pemerintah menurunkan angka kekerdilan dari 30,8 persen pada 2018 menjadi 27,67 persen pada 2019.

Nila menjabarkan beberapa program yang mengupayakan tenaga kesehatan untuk hadir di tengah-tengah masyarakat. Seperti Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan Nusantara Sehat.

Baca juga : Kerusuhan Wamena, Polisi Tetapkan 5 Tersangka

Dia mengatakan, masih banyak pekerjaan rumah di Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat Indonesia serta menurunkan sejumlah angka prevalensi penyakit yang terbilang tinggi di dunia. Nila berharap, Menteri Kesehatan penerusnya tetap pro kepada rakyat dengan memberikan berbagai layanan kesehatan yang ada. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.