Dark/Light Mode

Sri Mul: Realisasi Anggaran IKN 2023 Capai Rp 26,7 T

Selasa, 2 Januari 2024 19:44 WIB
Menkeu Sri Mulyani dan jajaran saat memberikan keterangan pers APBN 2023. (Foto: Antara)
Menkeu Sri Mulyani dan jajaran saat memberikan keterangan pers APBN 2023. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi sementara anggaran pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahun anggaran 2023 mencapai Rp 26,7 triliun. 

"Jumlah tersebut 97,6 persen dari pagu anggaran Rp 27,4 triliun,” kata Menkeu Sri Mulyani seperti dikutip dari Antara, di Jakarta , Selasa (2/1/2024).

Baca juga : Realisasi Investasi IKN Tembus Rp 41,4 Triliun

Anggaran Rp 26,7 triliun tersebut digunakan untuk pembangunan infrastruktur sebesar Rp 24,3 triliun. Dan Rp 3,0 triliun untuk non-infrastruktur.

Penyaluran anggaran infrastruktur digunakan untuk pembangunan Istana Negara dan kawasan ini pusat pemerintahan, kawasan pemukiman, serta pembangunan jalan tol IKN. Kemudian, duplikasi jembatan Pulau Balang Bentang Pendek, pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, serta penanganan banjir Sungai Sepaku dan pengendalian banjir DAS Sungai Sanggai, Pamaluan, Saluang, dan Tengin.

Baca juga : Semoga Target Realisasi Anggaran 95 % Tercapai

Sementara anggaran klaster non-infrastruktur digunakan untuk koordinasi dan penyiapan pemindahan, perencanaan pemindahan ke IKN, rekomendasi kebijakan pada kementerian/lembaga (K/L), dukungan pengamanan Polri, operasional Otorita IKN (OIKN), serta kegiatan pemetaan, pemantauan, dan evaluasi.

Adapun total alokasi anggaran IKN dari tahun anggaran 2022 hingga 2024 adalah sebesar Rp 72,8 triliun. Dengan rincian realisasi anggaran pada 2022 sebesar Rp 5,5 triliun, realisasi sementara 2023 sebesar Rp 26,7 triliun, dan alokasi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 sebesar Rp 40,6 triliun.

Baca juga : Defisit APBN Cuma Rp 35 Triliun

“Anggaran 2024 terutama digunakan untuk basic infrastruktur hingga IKN-nya bisa terbangun,” ujar Sri Mul.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.