Dark/Light Mode

Banyak Bansos Di Penghujung Tahun

Semoga Target Realisasi Anggaran 95 % Tercapai

Minggu, 17 Desember 2023 07:10 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan pengantar saat sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/12/2023). Sidang paripurna tersebut membahas persiapan Natal dan tahun baru 2024, kondisi perekonomian terkini, dan evaluasi program kegiatan 2023. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt)
Presiden Joko Widodo memberikan pengantar saat sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/12/2023). Sidang paripurna tersebut membahas persiapan Natal dan tahun baru 2024, kondisi perekonomian terkini, dan evaluasi program kegiatan 2023. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengultimatum para menterinya agar mengebut realisasi serapan anggaran untuk Pemerintah Pusat hingga 95 persen di penghujung 2023. Semoga target itu bisa tercapai.

Dalam dua minggu terakhir tahun ini, Jokowi memerintahkan kepada para menteri dan pemimpin lembaga lainnya turun langsung dan rajin bertanya ke bawahannya soal realisasi anggaran.

“Menteri harus rajin tanya ke dirjen, deputi, agar target realisasi anggaran akhir 2023 tidak meleset. Ini agar betul-betul diikuti. Karena target saya, realisasi anggaran di penghujung tahun minimal 95 persen,” kata Jokowi saat rapat persiapan Na­tal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) yang dihadiri para Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Baca juga : Kementerian Kudu Gercep Realisasikan Anggarannya

Seperti diketahui, hingga Ok­tober 2023, realisasi serapan Anggaran Pendapatan dan Be­lanja Negara (APBN) Pemerin­tah Pusat baru sekitar 76 persen dan Pemerintah Daerah (Pemda) baru 64 persen. Adapun per Oktober 2023, realisasi belanja Kementerian/Lembaga (K/L) mencapai Rp 768,67 triliun atau 76,8 persen dari pagu Rp 1.000,84 triliun.

Berkaitan dengan anggaran ta­hun 2024, Jokowi juga meminta agar dieksekusi lebih cepat.

“Semuanya mempersiapkan realisasi dimulainya anggaran 2024 pada Januari. Baik di Ke­menterian/Lembaga, Pemerintah Daerah, pimpinannya harus mengingatkan terus mengenai ini,” kata Jokowi.

Baca juga : Siapkan Transportasi Aman Dan Terjangkau

Wakil Menteri Keuangan (Wa­menkeu) Suahasil Nazara mengatakan, target serapan anggaran hingga 95 persen di akhir tahun masih memungkinkan dicapai.

“Kami optimistis bisa direalisasikan. Asalkan kita bisa memanfaatkan waktu 2 sam­pai 3 minggu ke depan secara optimal,” kata Suahasil dalam keterangan tertulis Kemenkeu, Senin (11/12/2023).

Kemenkeu, lanjut Suahasil, juga akan mempercepat penyaluran transfer ke daerah. Hal itu demi mengebut penyerapan ang­garan pada akhir tahun seperti yang diminta Jokowi.

Baca juga : Bentuk Pola Pikir Pengembangan Usaha BUM Desa Lewat Pelatihan Angkatan XX

“Estimasi kita akan ada trans­fer, dan moga-moga nanti bisa melengkapi kesiapan Pemda juga untuk memaksimalkan pe­nyerapan anggaran pada 2023, sehingga mendapatkan efek maksimal kepada pertumbuhan ekonomi kita,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.