Dark/Light Mode

Indonesia Bakal Kirim Bantuan Ke Gaza 3 Kali Lipat Lebih Banyak Di 2024

Kamis, 4 Januari 2024 19:33 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) memastikan Indonesia siap menambah bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina tiga kali lipat lebih besar untuk tahun ini. (Foto: Istimewa)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) memastikan Indonesia siap menambah bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina tiga kali lipat lebih besar untuk tahun ini. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan Indonesia siap menambah bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina tiga kali lipat lebih besar untuk tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Pengiriman bantuan akan disesusaikan dengan kebutuhan masyarakat Gaza saat ini.

Retno menjelaskan, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan bekerja sama dengan The United Nations Relief and Works Agency (UNRWA), lembaga PBB terbesar di Gaza dalam proses pendistribusian bantuan tersebut.

"Tahun ini, kita akan lipat tiga kalikan kontribusi voluntary kita ke UNRWA yang berarti kalau kita sumbang ke UNRWA maka penyaluran langsung diberikan ke pengungsi Palestina," kata Retno dalam konferensi pers di Media Center Indonesia Maju, Kamis (4/1/2024).

Baca juga : Bicara Kesetaraan Gender, Prabowo Ingin Beri Tempat Lebih Banyak untuk Perempuan

Dalam kunjungan luar negeri secara maraton di Gaza sejak 7 Oktober 2023, Retno menuturkan, telah bertemu dengan kepala UNRWA.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia menegaskan akan memberikan kontribusi secara sukarela kepada UNRWA dengan tujuan kemanusiaan bagi Palestina.

Retno menambahkan, dari hasil koordinasi dengan UNRWA, disampaikan kondisi kemanusiaan para pengungsi Gaza kian parah. Retno mengungkapkan, satu toilet bahkan diperuntukkan untuk 700 orang.

Oleh karenanya, prioritas pengiriman bantuan akan diupayakan oleh Indonesia.

Baca juga : Wakapolda Riau Berikan Bantuan Ke Warga Korban Banjir Di Rohul

“Bantuan kemanusiaan tidak akan berhenti di sini. Kita dari waktu ke waktu melihat bantuan-bantuan itu. Bantuan yang kita berikan akan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” ujar Retno.

Sebagai catatan, Indonesia telah dua kali mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi Palestina. Bantuan pertama dikirim pada 4 November 2023 berupa obat-obatan, peralatan medis, selimut, tenda, hingga barang logistik lainnya yang dibutuhkan pengungsi sebanyak 51,8 ton dari berbagai pihak.

Kemudian bantuan tahap kedua dikirim pada 20 November 2023, berupa obat-obatan, peralatan rumah sakit, hingga barang keperluan lainnya seberat 21 ton.

Bantuan tahap kedua ini senilai Rp 31,9 miliar berasal dari pemerintah, perusahaan, lembaga kemanusiaan, serta masyarakat.

Baca juga : Dirut BNI Siap Lanjutkan Prestasi Positif, Melompat Lebih Tinggi Lagi Di 2024

Selain mengirimkan bantuan, Indonesia telah mengirim kapal rumah sakit.

Retno  menegaskan, pemerintah Indonesia akan terus berupaya memperjuangkan kemerdekaan Palestina yang tengah menghadapi kekejaman Israel dalam perang di Gaza sejak Oktober 2023 lalu. Baik melalui bantuan kemanusiaan maupun jalur diplomasi.

 “Sikap Indonesia jelas, di garis depan bersama bangsa Palestna memperjuangkan hak-haknya,” tegas Retno.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.