Dark/Light Mode

Tinjau Lokasi

Menko PMK Pastikan Evakuasi Korban Tabrakan KA Di Cicalengka Berjalan Baik

Jumat, 5 Januari 2024 19:00 WIB
Muhadjir Effendy meninjau lokasi tabrakan KA Turangga dengan KA Commuter Line Bandung Raya, di jalur petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung, Jumat (5/1/2024). (Foto: Humas Kemenko PMK)
Muhadjir Effendy meninjau lokasi tabrakan KA Turangga dengan KA Commuter Line Bandung Raya, di jalur petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung, Jumat (5/1/2024). (Foto: Humas Kemenko PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau lokasi tabrakan Kereta Api Turangga dengan Kereta Api Commuter Line Bandung Raya, di jalur petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung pada Jumat (5/1/2024), pukul 06.03 WIB.

Muhadjir menyampaikan keprihatinan pemerintah kepada para korban yang telah mengalami tragedi kecelakaan kereta tersebut.

Eks Mendikbud ini mengatakan, segenap jajaran terkait telah memaksimalkan upaya yang harus dilakukan untuk mengevakuasi para korban, baik yang meninggal maupun mengalami luka-luka.

Baca juga : Tim Gabungan Terus Lakukan Evakuasi KA Turangga Dan Commuterline Bandung

“Kita sangat prihatin, pemerintah turut berduka cita kepada para korban kecelakaan kereta ini. Berdasarkan laporan, semuanya sudah ditangani dengan baik, dengan cepat,” ujar Muhadjir.

“Pertama, yang kita utamakan adalah penumpang, keselamatan penumpang harus diutamakan,” sambungnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Muhadjir menyampaikan bahwa seluruh korban luka telah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka untuk menjalani penanganan lebih intensif.

Baca juga : Basarnas Terjunkan Tim Evakuasi Korban Tabrakan Kereta Di Bandung

Sementara itu, para korban yang selamat telah diangkut menuju ke Bandung untuk diberikan kompensasi dan arahan dari petugas untuk meneruskan perjalanan.

Menurut keterangan dari Gubernur Jawa Barat, Muhadjir mengatakan, terdapat dua korban yang meninggal dunia dan sudah dievakuasi.

Sedangkan penumpang lainnya dipastikan hanya mengalami luka sedang dan ringan.

Baca juga : Menperin: Kinerja Industri Makin Melejit Jika Dua Kebijakan Ini Berjalan BaikĀ 

Hingga kunjungan dilakukan, proses evaluasi gerbong kereta masih terus dikebut oleh pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan dibantu oleh jajaran terkait.

Upaya evakuasi bangkai kereta akan dilakukan dengan menggunakan metode angkat dan tarik kepada gerbong-gerbong yang tergelincir.

Nampak hadir mendampingi, Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK Sorni Paskah Daeli, serta jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Barat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.