Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenhub Gandeng Pemda Promosikan Bandara Kertajati

Yuk Ngapung Bareng Ti Kertajati

Kamis, 10 Januari 2019 04:36 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Majalengka diharapkan mampu mengeksplor berbagai potensi wisata dan kuliner di bumi Jawa Barat. (Foto: IG Bandara Kertajati)
Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Majalengka diharapkan mampu mengeksplor berbagai potensi wisata dan kuliner di bumi Jawa Barat. (Foto: IG Bandara Kertajati)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mengawali tahun 2019, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bersama dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mengadakan acara "Ngapung Bareng Ti Kertajati (Terbang Bersama dari Kertajati) ", Kamis (9/1). 

Acara ini merupakan kegiatan promosi untuk lebih mengenalkan Bandara Kertajati dan menarik minat masyarakat, terutama di kawasan Jawa Barat, untuk menggunakan bandara ini.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, bersama Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) melakukan pertemuan, guna membahas strategi untuk lebih mengenalkan dan meningkatkan minat masyarakat  menggunakan Bandara Kertajati.

Baca juga : Kemenkes Segera Dirikan Tenda Reproduksi Bagi Korban Tsunami

Polana menjelaskan, sampai saat ini sudah ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan melalui bandara ini yaitu Citilink, Lion Air, Wings Air, Transnusa, dan Garuda. “Saat ini, sudah ada penerbangan dari Kertajati - Surabaya PP, Kertajati - Bandar Lampung PP, Kertajati - Semarang PP, Kertajati - Medan PP dan Kertajati - Balikpapan PP. Juga sudah ada penerbangan internasional Kertajati ke Madinah, untuk melayani penerbangan umrah”, jelas Polana.  

Selain rute-rute tersebut, dalam pekan ini juga akan ada tambahan rute lainnya, yang di antaranya juga terdapat rute baru. “Sebentar lagi, akan dilayani pula Kertajati-Jogjakarta, Kertajati-Balikpapan, dan Kertajati-Jakarta melalui Halim Perdana Kusuma," imbuh Polana.

Terkait hal itu, Menhub Budi Karya Sumadi yang akrab disapa BKS, berharap masyarakat dapat memanfaatkan Bandara Kertajati, untuk mengeksplor potensi-potensi wisata dan kuliner yang ada di Jawa Barat. “Jawa Barat memiliki potensi wisata yang sangat besar. Ada yang punya keunggulan kuliner, batik, dan destinasi wisata alam. Ini harus dikemas dengan baik, dan dipromosikan kepada masyarakat. Sehingga, menggugah minat masyarakat untuk datang ke Jawa Barat melalui pintu gerbang udara ini," ujar BKS.

Baca juga : Kembali Gelar Festival Lagu, KPK Suarakan Anti Korupsi Sampai Kiamat

Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil yang juga menyampaikan sambutan menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mendorong untuk ke depannya keberangkatan Umrah untuk masyarakat Jawa Barat melalui Bandara Kertajati. Selain itu, Ia meminta jajarannya untuk kreatif menciptakan kegiatan-kegiatan promosi, seperti festival-festival yang akan mengundang wisatawan untuk datang dan mengunjungi Jawa Barat.

“Saya harap pemerintah daerah dapat memberikan ide-ide kreatif bagaimana menciptakan kegiatan yang dapat mempromosikan pariwisata Jawa Barat melalui festival-festival. Saya juga minta untuk nantinya, Penerbangan Umrah untuk masyarakat Jawa Barat dari Bandara Kertajati”, jelas Ridwan Kamil.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh CEO dari operator bandara dan maskapai penerbangan serta asosiasi perjalanan wisata dan umroh juga para milenial ini, diakhiri dengan dialog dan tanya jawab. Yang terpenting dari hasil kegiatan ini adalah komitmen bersama, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Maskapai Penerbangan, Operator Bandara, dan seluruh stakeholder untuk bahu membahu bekerja sama dalam mendukung dan memanfaatkan infrastruktur yang telah lama dinanti-nantikan warga Jawa Barat.

Baca juga : Wiranto: Tangkap & Hukum Pelakunya!

Dengan luas 1.800 hektar dan landasan sepanjang 3000x45 meter, BIJB adalah bandara kedua terbesar setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. BIJB juga dibangun dengan tujuan untuk mengurangi beban bandara yang terletak di Tangerang, Banten, tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.