Dark/Light Mode

Kembali Gelar Festival Lagu, KPK Suarakan Anti Korupsi Sampai Kiamat

Jumat, 30 November 2018 18:40 WIB
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (tengah), membuka Festival Lagu Suara Anti Korupsi di Plaza Festival Kuningan, Jakarta, Jumat (30/11). (Foto: Oktavian Surya Dewangga/Rakyat Merdeka)
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (tengah), membuka Festival Lagu Suara Anti Korupsi di Plaza Festival Kuningan, Jakarta, Jumat (30/11). (Foto: Oktavian Surya Dewangga/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedua kalinya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Festival Lagu Suara Anti Korupsi (Saksi) 2018 di Plaza Festival, Kuningan, Jakarta, Jumat (30/11). Acara tahunan itu merupakan salah satu cara KPK untuk menyerukan pemberantasan korupsi, terutama pada kaum muda.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyatakan, dalam Festival Saksi tahun ini, ada 220 peserta dari seluruh Indonesia. Komisi antirasuah memilih 9 band terbaik untuk babak final. Lagu karya 9 band ini direkam dan dikemas dalam album cakram digital alias CD.

Baca juga : Jokowi: Kebijakan Investasi Dievaluasi Secara Berkala

"Saya yakin kalau album ini diputar di Gedung Dewan atau mobil pejabat, insya Allah setan-setan keluar dan mereka tidak akan korupsi,” selorohnya saat membuka Festival Saksi 2018.

Penonton pun tertawa. Saut menegaskan, Festival Saksi akan menjadi tradisi tahunan KPK. Komisi pimpinan Agus Rahardjo Cs akan terus menggelarnya. Sampai kapan, Pak Saut? “Kita laksanakan sampai kiamat, artinya kita terus suarakan anti korupsi,” jawab Saut yang kembali disambut tawa penonton.

Baca juga : Ceramahnya Keras & Kasar, Habib Ini Dikutuk Moeldoko

Selain penampilan 9 band terpilih, Festival Saksi 2018 akan dimeriahkan band-band Tanah Air seperti Navicula, Kawan Lama, dan Hivi.

Di tempat yang sama, Jubir KPK Febri Diansyah menyatakan, penyelenggaraan Festival Saksi kali ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini, diiringi roadshow.

Baca juga : Reuni 212, Kehadiran Jokowi Jadi Tebak-tebakan

Selain itu, proses penjurian diadakan di Jakarta pada 23-24 Oktober 2018 oleh Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan vokalis band Navicula Gede Robi, serta perwakilan dari Kanal KPK, Zulkarnain.

"Ditambah dengan pembekalan melalui klinik musik yang dilakukan sebelumnya. KPK hadir dalam klinik tersebut, untuk menyampaikan informasi tentang bagaimana korupsi begitu merusak kita semua dan generasi mendatang,” tandas Febri. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.