Dark/Light Mode

Lisa Rumbewas Wafat, Jokowi: RI Kehilangan Salah Satu Putri Terbaik Bangsa

Minggu, 14 Januari 2024 16:42 WIB
Lifter peraih tiga medali Olimpiade asal Papua, Lisa Rumbewas meninggal dunia dalam usia 30 tahun, Minggu (14/1/2024). (Foto: Instagram)
Lifter peraih tiga medali Olimpiade asal Papua, Lisa Rumbewas meninggal dunia dalam usia 30 tahun, Minggu (14/1/2024). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyampaikan duka cita mendalam, atas wafatnya lifter peraih tiga medali Olimpiade asal Papua, Lisa Rumbewas dalam usia 43 tahun.

Lisa yang merupakan anak binaragawan terbaik Indonesia: Levi Rumbewas dan lifter putri Indonesia Ida Korwa, menghembuskan napas terakhirnya di RSUD Jayapura, Papua, Minggu (14/1/2024) pukul 03.00 WIT.

"Indonesia kehilangan salah satu putri terbaik bangsa. Insan olahraga yang tanpa henti berkomitmen dan mengukir sejarah untuk negeri ini," kata Jokowi via Instagram, Minggu (14/1/2024).

Baca juga : Di Hadapan Ribuan Warga Bengkulu, Prabowo: Penilaian Rakyat Itu Paling Penting

"Saya ingat betul, Lisa telah membawa nama baik Indonesia dengan sejumlah prestasi yang sangat membanggakan," imbuhnya.

Presiden ke-7 RI itu pun mendoakan mendiang Lisa, agar mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Doa untuk kekuatan dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan. Semoga jasanya sebagai Pahlawan Olahraga selalu dikenang, dan menginspirasi para atlet Indonesia," tutur Jokowi.

Baca juga : Gibran Dapat Dukungan Dari Seribu Kiai Kampung

Lisa Rumbewas yang lahir di Biak, Papua 10 September 1980 adalah peraih medali di tiga Olimpiade berbeda: perak di Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004, serta perunggu di Olimpiade Beijing 2008.

Tak cuma itu, Lisa Rumbewas juga mengharumkan nama Indonesia lewat beragam prestasi di dunia angkat besi. Perak nomor -53kg di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2006 di Santo Domingo, Republik Dominika. Serta perunggu Asian Games 2002 di Busan pada kelas -48kg.

Lisa Rumbewas juga dikenal sebagai kolektor medali di tiga edisi berbeda SEA Games. Perunggu di SEA Games 2003 Hanoi, perak di SEA Games 2005 Manila, dan emas di SEA Games 2009 Vientiane.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.