Dark/Light Mode

Waka BRIN Tinjau Hasil Riset Rumput Laut di Lombok

Rabu, 24 Januari 2024 11:30 WIB
Waka BRIN, Prof. Amarulla Octavian melakukan kunjungan kerja ke Lombok. (Foto: Ist)
Waka BRIN, Prof. Amarulla Octavian melakukan kunjungan kerja ke Lombok. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Waka BRIN, Prof. Amarulla Octavian melakukan kunjungan kerja ke Lombok pada 22-23 Januari 2024. Prof. Amarulla mengunjungi pusat budidaya rumput laut di Teluk Ekas, Lombok Timur dan Laboratorium Bioindustri Laut dan Perairan Darat BRIN di Kawasan Sains Kurnaen Sumadiharga, Lombok Utara. 

Turut mendampingi Kepala Organisasi Riset Prof. Ocky Karna Radjasa, dan Kepala Pusat Riset Dr. Fahrurrozi Izzuddin, serta periset Prof. Hari Eko. 

Rumput laut spesies Eucheuma Spinosum sudah diekstrak menjadi biostimulan untuk diolah menjadi pupuk hayati, food aditif dan lain-lain. Sedangkan limbah ekstraksi diolah juga menjadi bioplastik. 

Baca juga : Waka BRIN Lepas Ekspedisi Riset Ilmiah Kelautan Indonesia-China

Prof. Amarulla bertemu dengan para petani rumput laut dan mencatat semua kebutuhan para petani. Hilirisasi industri rumput laut sangat mendorong program pemerintah untuk meningkatkan produksi pangan di Indonesia.

BRIN saat ini menggunakan teknologi selective breeding dan kultur jaringan untuk pembenihan berbagai spesies rumput laut. 

Rumput laut spesies Ulva Lactuca, dan Caulerpa Racemosa berhasil dibudidayakan untuk pangan, kosmetik, farmasi, dan bioenergi. Spesies ini juga bisa dikembangkan menjadi carbon reduction untuk mengurangi polusi. 

Baca juga : Lakers Jadi Korban Rockets

BRIN juga mengembangkan teknologi spora yang lebih terkini untuk proses penyediaan benih beberapa spesies rumput laut unggulan. 

Prof. Amarulla juga berkesempatan beraudiensi dengan Pj. Gubernur NTB Lalu Gita Aryadi serta mengunjungi Universitas Mataram (Unram) dan Universitas Teknologi Mataram (UTM). Prof. Amarulla diterima langsung oleh Rektor Unram Prof. Bambang Hari Kusumo dan Rektor UTM Ir. Lalu Darmawan Bakti

Prof. Amarulla melakukan diskusi ilmiah dengan para dosen dan peneliti Unram dan UTM sekaligus mengundang seluruh Sivitas Akademika Unram dan UTM untuk aktif dalam berbagai riset rumput laut. Prof. Amarulla juga berkesempatan mengunjungi kawasan budidaya lobster di Teluk Jor, Lombok Timur, dan BRIDA NTB di Lombok Barat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.