Dark/Light Mode

Optimalkan PKB, Plh. Dirjen Bina Keuda Terima Penghargaan Jasa Raharja

Sabtu, 27 Januari 2024 11:48 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksana Harian Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah (Plh. Dirjen Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Horas Maurits Panjaitan menerima penghargaan dari PT Jasa Raharja.

Penghargaan tersebut diberikan pada kategori Dukungan dan Komitmen dalam Upaya Optimalisasi Penerimaan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Melalui Intensifikasi Kebijakan Relaksasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono menyerahkan penghargaan tersebut secara langsung pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Jasa Raharja bertajuk 'Harmony Collaboration Jasa Raharja 63th'.

Maurits menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas atensi, penghargaan, serta kepercayaan yang diberikan oleh PT Jasa Raharja.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Terima 57 Penghargaan Nasional Indonesia Green Award 2024

"Terima kasih juga kepada Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Kepolisian Negara Republik Indonesia beserta seluruh jajaran, yang telah bersinergi dan bekerja sama dalam Tim Pembina Samsat Nasional, serta rekan-rekan dan semua pihak yang telah berkontribusi positif dan menunjukkan kinerja serta performa maksimal," kata Maurits dalam keterangan resminya, Sabtu (27/1/2024).

Menurutnya, penghargaan ini bukan saja sebagai bentuk apresiasi tapi juga kepercayaan dalam berharmonisasi melalui keterlibatan pemangku kepentingan (stakeholder engagement).

Untuk itu kepercayaan ini perlu dijaga dan dipertahankan agar tercipta simfoni dalam melakukan transformasi dan berbagai terobosan.

Maurits menambahkan, Kemendagri konsisten dan berkomitmen dalam meningkatkan pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bersama tim pembina Samsat dengan turun ke berbagai daerah.

Baca juga : Optimalkan Suara Ruang Studio, Neumann Menghadirkan Versi Terbaru

Upaya ini penting dilakukan sebab PKB memiliki potensi yang sangat besar. PKB dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sangat potensial dan menjadi primadona.

Selain itu, pengaruhnya sangat signifikan terhadap pendapatan daerah secara keseluruhan.

"Tingkat kepatuhan pembayaran PKB yang tinggi akan memiliki berbagai keuntungan. Misalnya, meningkatnya PAD, untuk membiayai pembangunan, peningkatan pelayanan, dan kesejahteraan yang lebih baik," ungkapnya.

Sementaran Rivan mengingatkan pentingnya harmonisasi dan kolaborasi dalam memaksimalkan pendapatan PKB. Kolaborasi yang terjalin ini tentunya berdampak positif terhadap PAD.

Baca juga : Hasto: PDIP Terima Pengunduran Diri Maruarar

Untuk itu, penghargaan ini penting sebagai bentuk apresiasi terhadap berbagai upaya yang telah dilakukan secara optimal oleh Direktorat Jenderal Bina Keuda Kemendagri.

Rivan menjelaskan, harmoni bukan  sekadar kata-kata, melainkan irama yang mempersatukan setiap insan Jasa Raharja bersama dengan Kementerian/Lembaga serta Tim Pembina Samsat Nasional dalam membentuk sebuah komitmen untuk mengukuhkan langkah mewujudkan pelayanan unggul bagi masyarakat Indonesia.

"Penghargaan ini diberikan kepada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah dalam mendukung peningkatan PKB dengan mengoptimalkan potensi PAD melalui pajak dan retribusi daerah," tegas Rivan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.