Dark/Light Mode

Ini Alasan Prabowo Subianto Terima Penghargaan Sahabat Santri Indonesia

Rabu, 3 Januari 2024 16:40 WIB
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah) baru-baru ini menerima penghargaan sebagai Sahabat Santri Indonesia yang dihadiri ribuan santri Ponpes Zainul Hasan Genggong di Desa Karangbong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo.(Foto: Istimewa)
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah) baru-baru ini menerima penghargaan sebagai Sahabat Santri Indonesia yang dihadiri ribuan santri Ponpes Zainul Hasan Genggong di Desa Karangbong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo.(Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto, baru-baru ini menerima penghargaan sebagai Sahabat Santri Indonesia dalam sebuah acara yang dihadiri ribuan santri dan anggota keluarga dari Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong di Desa Karangbong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo.

Salah satu pengasuh Pesantren Genggong, Gus Moh Haris Damanhuri Romly, menyampaikan bahwa pemberian gelar Sahabat Santri ini diberikan sebagai penghargaan atas harapan para santri agar Capres nomor urut 2 itu akan memperkuat hubungan dan kolaborasi dengan komunitas santri jika ia terpilih menjadi presiden.

Tujuan dari harapan ini adalah untuk mendorong perkembangan nasional, penyebaran pengetahuan, serta penciptaan keadilan sosial dan peningkatan martabat bangsa Indonesia di forum internasional.

Gus Haris menekankan keinginan santri untuk melihat Indonesia berkembang tidak hanya di bidang ekonomi dan infrastruktur tetapi juga dalam pendidikan, kebudayaan, dan kesejahteraan sosial, menghargai pentingnya pendidikan dan kearifan lokal dalam pembangunan bangsa.

"Kami, para santri, dengan segala kerendahan hati, ingin melihat Indonesia tidak hanya maju dalam aspek ekonomi dan infrastruktur, tetapi juga dalam pendidikan, kebudayaan, dan kesejahteraan sosial," kata Gus Haris, dalam keterangannya, Selasa (2/1/2024).

Baca juga : Dubes Jepang: Terima Kasih Atas Dukungan Hangat Sahabat Indonesia

Capres Prabowo tentu menyambut penobatan ini sebagai kehormatan. Prabowo mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Menteri Pertahanan itu berjanji bahwa amanat ini akan menjadi bahan renungan dan pedoman dalam setiap kebijakan dan langkahnya ke depan.

"Saya sangat berterima kasih sekali dan merasa terhormat dengan pengakuan sebagai Sahabat Santri Indonesia.Ini adalah bukti dari hubungan yang telah lama sekali saya bangun dengan kiai dan ulama serta komitmen saya untuk bekerja sama dengan mereka demi kemajuan bangsa," ujar Prabowo.

Begini Tanggapan Ulama Kediri Atas Penghargaan Sahabat Santri Indonesia yang Diterima Prabowo Subianto.

Sementara itu, KH Agus Iffatul Latoif dari Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri, memberi tentang penghargaan Sahabat Santri Indonesia yang diterima Prabowo Subainto.

Baca juga : KKG: Saatnya Pemilih Pandai Menentukan Masa Depan Indonesia

Ia mengemukakan bahwa Calon Presiden nomor urut 2 itu sangat pantas mendapatkan gelar tersebut karena perhatian dan kebijakan khususnya terhadap dunia pesantren.

Gus Toif menyampaikan bahwa penobatan ini adalah ekspresi rasa terima kasih dan harapan dari komunitas pesantren, mengingat dukungan Prabowo Subianto terhadap pesantren melalui inisiatif seperti dana abadi pesantren dan program lain yang mendukung lembaga ini.

"Menurut kami, itu adalah ungkapan rasa terima kasih dan harapan karena Bapak Prabowo telah menaruh kebijakan untuk komunitas pesantren, dengan adanya dana abadi pesantren, dan program lain yang berpihak pada pesantren," ujar ulama yang akrab disapa Gus Toif kepada salah satu media nasional, Selasa (2/1/2024).

Ia juga menekankan hubungan dekat Capres nomor urut 2 itu dengan ulama dan kiai, termasuk hubungannya dengan almarhum KH Munif Djazuli, menunjukkan sejarah panjang kerja sama dan kedekatan Prabowo Subianto dengan komunitas santri.

"Harus diketahui bahwa komunitas santri bersahabat dengan TNI sudah sejak dulu. Dan Pak Prabowo itu sangat dekat dengan kiai sejak lama ya, bahkan beliau sangat dekat dengan Almarhum KH Munif Djazuli yang merupakan salah satu Pengasuh Pondok Al Falah Ploso," tegasnya.

Baca juga : Berkunjung Ke Jatim, Prabowo Dinobatkan Sebagai Sahabat Santri Indonesia

Gus Toif juga berharap bahwa gelar Sahabat Santri Indonesia yang diberikan kepada Prabowo akan mendorong kebijakan yang mendukung dan menghormati kebutuhan dan aspirasi komunitas pesantren.

Ia mengungkapkan harapannya agar para ulama, santri, dan ia dapat membangun hubungan yang erat dan saling menghargai.

Melalui penghargaan Sahabat Santri Indonesia ini, Prabowo Subianto diakui sebagai figur yang berkomitmen dan dekat dengan komunitas santri dan diharapkan dapat menjadi sahabat sejati yang jujur dan mendukung kepentingan dan kemajuan pesantren serta komunitasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.