Dark/Light Mode

Idham Azis Siap Jadi Kapolri, Gantikan Tito Karnavian

Rabu, 23 Oktober 2019 12:37 WIB
Kabareskrim Komjen Idham Azis, siap menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). (Foto: Istimewa)
Kabareskrim Komjen Idham Azis, siap menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komjen Idham Aziz akan menjabat Kapolri. Menggantikan Jenderal Tito Karnavian, yang diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Idham yang notabene adalah calon tunggal Kapolri, menyatakan siap mengemban amanah itu.

"Ya saya tentunya siap menjalankan amanah ini, bismillahi tawakkaltu," ujar Idham di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (23/10).

Baca juga : Komjen Idham Aziz Calon Tunggal Kapolri

Dia akan menyiapkan diri untuk mengikuti serangkaian uji kepatutan dan kelayakan di DPR, agar bisa mulus melenggang menuju kursi Tribrata 1.

"Saya mohon doa restu, karena pada mungkin minggu depan, akan menjalani fit and proper test. Saya saat ini sedang menyiapkan diri. Pada prinsipnya, saya siap," tandasnya.

Baca juga : Mourinho Bakal Gantikan Zidane?

Jenderal bintang tiga ini tidak asing bagi publik. Sejak Januari 2019, Idham menjabat Kepala Bareskrim (Kabareskrim) Polri. Sebelum itu, Idham menduduki posisi sebagai Kapolda Metro Jaya.

Pria kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara 30 Januari 1963 ini sudah malang melintang di berbagai jabatan di tubuh Polri, terutama di bidang reserse.

Baca juga : Real Madrid Keok, Barcelona Pimpin Klasemen

Ia adalah lulusan Akademi Polisi Tahun 1988, yang juga dikenal ahli dalam bidang anti-terorisme. Salah satu yang prestasi Idham paling dikenang publik adalah saat ia tergabung dalam tim Bareskrim, yang melumpuhkan teroris kelas kakap Dr. Azahari di Batu, Jawa Timur pada 2005, bersama Tito Karnavian.

Di tahun yang sama, Idham juga ditugaskan ke Poso, Sulawesi Tengah untuk membantu Tito dalam upaya melawan teroris. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.