Dark/Light Mode

Candaan Jonan Dalam Sertijab: Pak Arcandra Nggak Pernah Traktir Makan

Rabu, 23 Oktober 2019 17:48 WIB
Ignasius Jonan, sesekali menyampaikan guyonan yang membikin cair suasana Sertijab di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10). Jabatan Menteri ESDM kini disandang Arifin Tasrif, mantan Duta Besar RI untuk Jepang. (Foto: Humas ESDM)
Ignasius Jonan, sesekali menyampaikan guyonan yang membikin cair suasana Sertijab di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10). Jabatan Menteri ESDM kini disandang Arifin Tasrif, mantan Duta Besar RI untuk Jepang. (Foto: Humas ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam prosesi serah terima jabatan (Sertijab) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengenang kebersamaannya dengan mantan wakilnya, Arcandra Tahar.

Dia mengaku sama sekali tak mengenal Arcandra ketika "dipasangkan" dengan dirinya. Saat itu, Jonan merasa seperti sedang dijodohkan. “Menikah dijodohkan itu bahaya. Kalau cocok, cocok sekali. Kalau nggak, nggak sekali," tutur Jonan di Ruang Sarulla, Gedung Chairul Saleh, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10).

Lalu bagaimana hasil "perjodohan" itu? Jonan bilang, cocok! "Saya nggak tahu hatinya (Arcandra), tapi menurut saya cocok," seloroh Jonan yang disambut riuh tawa para tamu undangan. Termasuk, Arcandra sendiri.

Baca juga : Menhan Jamin Papua Tidak Akan Pernah Lepas Dari Indonesia

Bukti kecocokan, menurut mantan Menteri Perhubungan itu, hampir tidak ada surat atau keputusan Jonan yang tidak disetujui oleh Arcandra. Jonan bilang, ia dan Arcandra tak pernah bertentangan. “Ratusan surat ditandatangani, ratusan keputusan dikeluarkan, kami berdua tidak pernah bertentangan ," tutur Jonan.

Kali ini, pernyataan itu disambut tepuk tangan. Kepada penggantinya, Arifin Tasrif, Jonan mengatakan kalau Arcandra selalu membawa bekal makanan dari rumah.

Jonan juga bilang, selama tiga tahun, keduanya nyaris tak pernah makan bareng. “Kami nggak pernah makan bareng. Atau mungkin hanya sesekali saja makan siang bersama. Misalnya, hari ini, adalah yang kedua kali,” katanya.

Baca juga : Mentan Lakukan Gerakan Mekanisasi dan Pertanian Organik di Morowali

Jonan tiba-tiba berseloroh. "Bu Arcandra Tahar, maaf ya ini bercanda saja. Beliau nggak pernah traktir saya. Saya sudah coba sindir, bapak itu penghasilannya dari berbagai sumber, Wakil Komisaris Utama Pertamina, tapi tetap saja tidak pernah traktir saya. Ini sekalian saya curhat," selorohnya.

Tawa kembali menggema di Ruang Sarulla. Jonan pun menyebut, dirinya tak mau "menye-menye" dalam acara pisah sambut itu. ‎"Kalau pisah itu harus gembira. Kan tadi Pak Arcandra sudah serius, saya gembira saja," tutur Jonan.

Jonan kembali bercanda saat ditanya wartawan, bakal ke mana selepas jadi menteri. "Ora ngerti (tidak tahu, Red)," jawabnya.

Baca juga : Tjahjo Ingatkan Jajaran Kemenkumham Tetap Waspada Jelang Pelantikan Presiden

Tak puas, wartawan kembali bertanya kepada Jonan. Kali ini, jawabannya lebih lucu. "Pulang ke rumah," seloroh Jonan.

Sementara Arcandra, mengaku ingin istirahat dulu. "Istirahat dulu, menikmati dulu," ujarnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.