Dark/Light Mode

Dukung Program Deradikalisasi, BNPT dan KPTIK Luncurkan Warung NKRI Digital

Rabu, 7 Februari 2024 21:23 WIB
Kepala BNPT Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel bersama Bupati Klaten Sri Mulyani saat meresmikan Warung NKRI Digital Pawon Ndeso di Klaten, Jawa Tengah, Rabu (7/2/2024). (Foto: Ist)
Kepala BNPT Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel bersama Bupati Klaten Sri Mulyani saat meresmikan Warung NKRI Digital Pawon Ndeso di Klaten, Jawa Tengah, Rabu (7/2/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) membuat inovasi dengan meluncurkan Warung NKRI Digital. Warung ini akan menjadi wadah penyebaran narasi dan wawasan kebangsaan untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa. 

Warung NKRI Digital merupakan akronim dari Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI Demi Indonesia Gerakan Informasi dan Teknologi Aman dan Lancar. Program ini diluncurkan BNPT bekerja sama dengan Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KPTIK). 

Kepala BNPT Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahiel, menyampaikan Warung NKRI Digital merupakan warung tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari yang dikombinasikan dengan perangkat digital dalam rangka meningkatkan penyebaran informasi, fasilitasi, edukasi dan komunikasi serta koordinasi. 

Baca juga : Menteri Nadiem Dukung Program Sekolah Jurnalisme Indonesia Dan Praktisi Mengajar

"Warung NKRI Digital merupakan Warung Tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari dikombinasikan dengan warung digital. Melalui Warung Digital sinergi dapat terjadi dan meningkat kualitas warung itu sendiri," kata Komjen Rycko, saat meresmikan Warung NKRI Digital pertama di Pawon N'Deso Desa Kahuman, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (7/2/2024). 

Di hadapan 12 mitra deradikalisasi yang hadir, mantan Kalemdiklat Polri ini juga menuturkan BNPT sebagai leading sector penanggulangan terorisme mengajak mitra deradikalisasi untuk memanfaatkan fasilitas ini, agar dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi. 

"Setelah bebas (dari lembaga pemasyarakatan), negara hadir dalam meningkatkan kualitas kehidupan mitra deradikalisasi ini terutama kualitas kesejahteraan mereka salah satunya melalui warung NKRI Digital," katanya.

Baca juga : BNPT Dan PT MSI Siapkan Smart Farming Di KTN Turen

Selain mendukung program deradikalisasi berbasis kesejahteraan, Warung NKRI Digital akan menjadi wadah penyebaran narasi dan wawasan kebangsaan dalam rangka meningkatkan, merajut dan mempertahankan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa. 

"Yang paling penting tujuan dari Warung NKRI Digital ini dapat merajut persatuan dan kesatuan, persaudaraan, pertemanan dan cinta tanah air antar sesama anak bangsa," harapnya. 

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan pihaknya mendukung penuh dilaunching-nya Warung NKRI Digital di wilayahnya. Dirinya yakin hadirnya program dari BNPT RI ini dapat mendukung dari segi peningkatan ekonomi daerah dan juga secara umum menjaga persatuan dan kesatuan di wilayah Kabupaten Klaten. 

Baca juga : Berkat Ikuti Program Deradikalisasi, Eks Napiter Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu

"Dengan dilaunching-nya Warung NKRI digital di Klaten, harapannya Klaten semakin aman dan nyaman dan Warung NKRI Digital bisa membantu promosi ekonomi unggulan Klaten sehingga Klaten semakin kondusif, mandiri, maju dan sejahtera," harapnya. 

Dalam kesempatan yang sama dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara BNPT dengan KPTIK yang dilakukan oleh, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Mayjen Roedy Widodo dan Ketua dan Ketua Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KPTIK) Dedi Yudianto, sebagai awal pelaksanaan Warung NKRI Digital ini. 

Di samping itu, BNPT juga menyerahkan beasiswa pelatihan kepada perwakilan pemuda desa agar dapat meningkatkan kapasitas diri sehingga dapat optimal memanfaatkan Warung NKRI Digital. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.