Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri Kesehatan Baru Ditantang Perbaiki JKN

Senin, 28 Oktober 2019 14:04 WIB
Menkes dr.Terawan Agus Putranto. (Foto: Rendi Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka).
Menkes dr.Terawan Agus Putranto. (Foto: Rendi Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi sudah melantik Kepala RSPAD Letjen TNI Terawan Agus Putranto menjadi Menteri Kesehatan (Menkes). Terawan menggantikan Nila Moeloek. Seperti diketahui sejak tahun 2009, Terawan menjadi salah satu anggota tim dokter kepresidenan. 

Dalam kaitan ini, anggota Komisi IX DPR drg. Putih Sari dari Fraksi Gerindra berharap, Menkes baru mampu memperbaiki berbagai persoalan kesehatan di Indonesia. Pasalnya, permasalahan kesehatan termasuk permasalahan yang sangat penting yang harus segera ditangani, karena ini menyangkut kebutuhan dasar masyarakat. 

Baca juga : Di Antara Negara Agama dan Agama Sekuler

“Pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terdapat banyak kekurangan, sebut saja antrean pasien di rumah sakit yang masih panjang, moral hazard dari penyedia layanan kesehatan, keluhan obat yang tidak tersedia sehingga masyarakat banyak yang harus mengeluarkan biaya tam bahan,” imbuh Putih Sari kepada wartawan di Jakarta, kemarin. 

Putih Sari juga menyinggung kondisi kesehatan masyarakat saat ini. Selain stunting dan gizi buruk, ada beberapa beban penyakit yang masih tinggi di Indonesia. Dikatakan, bergesernya penyakit menular ke arah penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian terbanyak di Indonesia, namun juga penyakit menular yang masih belum bisa ditangani dengan baik juga banyak seperti demam berdarah, HIV dan TBC. 

Baca juga : Pencegahan Stunting Butuh Peran Kepala Daerah

“Indonesia menduduki peringkat ke-3 di dunia dalam jumlah kasus penderita TBC, tapi pendeteksian, pengobatan, dan perawatannya masih minim,” tutur anak buah Prabowo Subianto, yang terpilih untuk ketiga kalinya di DPR. “Dengan terpilihnya dokter Terawan sebagai Menkes, semoga cita-cita Indonesia Sehat bisa diwujudkan,”pungkasnya. [TIF]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.