Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut di Kalangan Siswa SMP Masih Minim

Minggu, 20 Oktober 2019 16:01 WIB
Kegiatan penyuluhan, pemeriksaan, dan pengobatan gigi dan mulut yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (FKG Usakti), di SMP Muhammadiyah 12 Grogol, Jakarta Barat. (Foto: FKG Usakti)
Kegiatan penyuluhan, pemeriksaan, dan pengobatan gigi dan mulut yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (FKG Usakti), di SMP Muhammadiyah 12 Grogol, Jakarta Barat. (Foto: FKG Usakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengetahuan masyarakat terkait kesehatan gigi dan mulut masih minim. Hal ini masih ditemukan di kalangan siswa-siswi SMP di kota besar. Padahal, penyakit gigi dan mulut jika tidak dirawat akan memengaruhi organ tubuh lain.

Demikian disampaikan drg. Asyurati Asia di sela-sela kegiatan penyuluhan, pemeriksaan, dan pengobatan gigi dan mulut yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (FKG Usakti), di SMP Muhammadiyah 12 Grogol, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Perpisahan Kabinet Mengharukan dan Menghibur, Jokowi Kehilangan JK

“Kegiatan penyuluhan, pemeriksaan, dan pengobatan gigi dan mulut yang dilaksanakan FKG Usakti merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini terkait kesehatan gigi dan mulut,” jelasnya dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (20/10).

Alasan dipilihnya SMP Muhammadiyah 12, lanjut Ketua Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini, karena di sekolah tersebut belum pernah dilakukan pendidikan kesehatan gigi dan mulut. Sehingga siswa-siswi masih memiliki pengetahuan yang minim terkait kesehatan gigi dan mulut di sini masih minim. 

Baca juga : Pengetahuan Kesehatan Gigi di Masyarakat Masih Minim

Respons siswa-siswi berserta guru terhadap kegiatan ini sangat positif. Hal itu dapat dilihat dari seluruh siswa-siswi ikut datang memeriksakan giginya. Kegiatan Penyuluhan dan Pengobatan Kesehatan Gigi dan Mulut yang berlangsung ini dihadiri oleh 89 siswa-siswin dan 50 di antaranya menerima pengobatan gigi dan mulut. 

Kegiatan ini melibatkan 19 mahasiswa dokter gigi dan 11 dokter gigi untuk supervisi dan tindakan pengobatan. Tindakan pengobatan terbatas untuk perawatan sederhana saja. Apabila pasien membutuhkan perawatan yang lebih kompleks, akan dirujuk ke RSGM FKG Usakti.

Baca juga : Pengujian Kesehatan Pelaut di Tarakan, Kemenhub Sosialisasikan Medical Check Up

Yuliana Elly Maspiah, Kepala SMP Muhammadiyah 12,  senang atas kegiatan yang dilakukan FKG Usakti di sekolahnya. “Kami bersyukur dan berterimakasih kepada FKG Usakti yang melakukan penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gigi dan mulut, sehingga siswa-siswi mengetahui berbagai penyakit yang ditimbulkan dari gigi dan mulut,” ungkapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.