Dark/Light Mode

Kabar Gembira! Mendagri Sebut 75 Ribu Satpol PP Non-ASN Bisa Jadi ASN Atau PPPK

Minggu, 3 Maret 2024 15:32 WIB
Menteri Dalam Negeri Mendagri Tito Karnavian didampingi Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah. (Foto: Infopublik.id)
Menteri Dalam Negeri Mendagri Tito Karnavian didampingi Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah. (Foto: Infopublik.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mendagri Tito Karnavian memberi kabar gembira bagi lebih dari 75.000 personel Satpol PP non-ASN. Mereka berpeluang diangkat menjadi ASN atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Kerja sama dengan Kemenpan RB membuka kesempatan bagi rekan-rekan Satpol PP non-ASN untuk menjadi ASN atau PPPK," kata Mendagri Tito di Padang, dilansir ANTARA, Minggu (3/3).

Baca juga : Kolaborasi Gemilang, Kemenag Apresiasi Kerja Sama Luar Biasa Pada KMBAAA

Pernyataan ini disampaikan pada peringatan HUT Ke-74 Satpol PP dan Satlinmas Ke-62 tingkat nasional di Kota Padang, Sumatera Barat.

Sebelumnya, pemerintah hanya memprioritaskan guru dan tenaga kesehatan untuk diangkat menjadi PPPK. Namun, Kemendagri berhasil menjelaskan bahwa Satpol PP dan Satlinmas memiliki keahlian khusus yang membedakannya dengan tenaga honorer umum.

Baca juga : Pilpres 2024 Bisa Head To Head

"Personel Satpol PP dan Satlinmas membutuhkan keahlian khusus yang membedakannya dengan tenaga honorer umum," ujar Mendagri.

Mendagri Tito menginstruksikan kepala daerah untuk menghitung jumlah anggota Satpol PP, termasuk mengukur kemampuan dan keahliannya. Data tersebut akan diusulkan ke Kemenpan RB untuk diproses menjadi ASN atau PPPK.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.