Dark/Light Mode

Peringati HUT ke-74, Mendagri Minta Satpol PP dan Satlinmas Jaga Integritas

Senin, 4 Maret 2024 18:09 WIB
Mendagri Tito Karnavian saat memeriksa pasukan dalam Apel Gelar Pasukan Satpol PP dan Linmas, di Jakarta, Senin (4/3/2024). (Foto: Ist)
Mendagri Tito Karnavian saat memeriksa pasukan dalam Apel Gelar Pasukan Satpol PP dan Linmas, di Jakarta, Senin (4/3/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menekankan pentingnya menjaga integritas bagi anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Tito juga meminta Satpol PP dan Satlinmas menjaga situasi kondusif selama tahapan Pemilu dan Pilkada. 

Menurut Tito, kesiapsiagaan terhadap potensi gangguan trantibumlinmas menjadi kunci sukses pelaksanaan Pemilu dan Pilkada yang aman serta damai.

"Saya meminta gubernur untuk mengkoordinasikan langkah-langkah antisipatif di daerah masing-masing, khususnya kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas. Meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum sehingga proses demokrasi dan pemulihan ekonomi berjalan bersamaan," kata Tito di Apel Gelar Pasukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas di Istana Gubernur Sumatra Barat, dikutip Senin (4/3/2024). 

Baca juga : Peringati HUT ke-44, Dekranas Gelar Sembako Murah

Acara ini dihadiri oleh Kasatpol PP dari seluruh Indonesia dengan Mendagri Tito bertindak selaku Inspektur Upacara.

Satpol PP, kata Tito, telah membuktikan peran strategisnya saat pelaksanaan tahapan Pemilu lalu. Keberhasilan tersebut menjadi modal bagi Satpol PP untuk menjaga ketentraman masyarakat dengan sikap tegas namun humanis selama pelaksanaan Pilkada pada 27 November 2024 mendatang.

"Saya berharap, Satpol PP dan Satlinmas terus meningkatkan profesionalisme, menciptakan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, dan mendukung terciptanya ketertiban umum," ujar eks Kapolri itu. 

Baca juga : HUT Damkar Ke-105, Mendagri Minta Pemda Optimalkan Pemadam Kebakaran dan Relawan

Sementara, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri yang saat ini juga menjabat sebagai Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA berharap kiprah Satpol PP dan Satlinmas di seluruh indonesia terus diperkuat, baik dalam rangka pelaksanaan operasi yustisi maupun non yustisi. 

"Teruslah menjadi pengayom masyarakat yang dicintai rakyat. Dirgahayu Satpol PP Ke-74 dan Satlinmas Ke-62. Semoga semakin profesional untuk mengawal tugas ketenteraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat. Salam Praja Wibawa," kata Safrizal. 

Acara Apel Gelar Pasukan ditutup dengan pemberian penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP kepada 10 Kepala Daerah terpilih. 

Baca juga : Rakernas ke-4, HIPDI Tekankan Pentingnya Kolaborasi dan Inovasi Bisnis

Penghargaan ini diserahkan oleh Mendagri sebagai bentuk apresiasi atas dukungan gubernur dan bupati/wali kota dalam meningkatkan peran Satpol PP didaerahnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.