Dark/Light Mode

Canda Wapres Soal Perbedaan Awal Ramadan

Jangan Puasa Ikut Yang Belakangan, Lebaran Ikut Yang Duluan

Kamis, 7 Maret 2024 21:01 WIB
Wapres KH Maruf Amin. (Foto: BPMI Setwapres)
Wapres KH Maruf Amin. (Foto: BPMI Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah kemungkinan menetapkan awal Ramadan pada Selasa, 12 Maret 2024. Sementara Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Senin, 11 Maret 2024.

Mengenai perbedaan tersebut, Wakil Presiden KH Maruf Amin meminta  masyarakat tetap menjalankan ibadah sesuai dengan keputusan yang diyakininya. "Yang tak boleh itu, puasa ikut yang belakangan, Lebaran ikut yang duluan," canda Kiai Maruf, usai meresmikan 525 BLK Komunitas Program Bantuan Pembangunan Tahun 2023 dan Festival Kemandirian BLK Komunitas, di Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Archam, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (7/03/2024).

Kiai Maruf meminta masyarakat menyikapi perbedaan penetapan 1 Ramadhan 1445 Hijriah dengan saling menghormati. 

Baca juga : Menang Jangan Jumawa, Kalah Harus Lapang Dada

“Sikap yang kita harus bagun adalah sikap saling pengertian, legowo, untuk bisa berbeda. Dan itu sudah lama kita berbeda, jadi masing-masing saja," ujarnya. 

Wapres menyampaikan, perbedaan tersebut merupakan hal yang wajar. Sebab, dalam melihat keberadaan hilal, terdapat beberapa kriteria yang digunakan dan mungkin diinterpretasikan berbeda oleh setiap anggota sidang. 

“Setiap ada tinggi hilal di bawah 2 derajat, pasti ada perbedaan, karena perbedaan kriteria,” imbuh Wapres.

Baca juga : Kementan Apresiasi Pembangunan 4 Embung Di Getasan, Semarang

“Karena itu, untuk menyamakan kriteria ini kan belum ketemu,” tambahnya.

Menutup keterangan persnya, Wapres pun mengimbau agar masyarakat tetap beribadah dengan sungguh-sungguh dan nantinya merayakan hari kemenangan mengikuti jadwal penetapan yang dipilihnya.

“Pokoknya yang puasanya ikut pemerintah, lebarannya ikut pemerintah. Kalau puasanya ikut Muhammadiyah, lebarannya ikut Muhammadiyah. Jangan waktu puasa ikut pemerintah lebih belakang, giliran lebaran ikut yang lebih dulu, itu tidak betul,” kata Wapres.

Baca juga : Airlangga: Jaga Daya Beli Dan Tekan Inflasi

Seperti diketahui, Kementerian Agama akan menyelenggarakan sidang isbat untuk penentuan awal bulan Ramadan 1445 Hijriyah pada hari Minggu, 10 April 2024. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.