Dark/Light Mode

BNPT: Wawasan Kebangsaan Tidak Dapat Dipisahkan Dengan Keagamaan

Kamis, 14 Maret 2024 17:15 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Nilai-nilai wawasan kebangsaan tidak dapat dipisahkan dengan nilai-nilai ajaran keagamaan.

Karena jika dipisah-pisahkan atau dibuat dikotomi, hal tersebut menjadi akar dari masalah sosial seperti intoleransi bahkan radikalisasi.

“Wawasan kebangsaan tidak dapat dipisahkan dengan keagamaan.Jika dipisahkan inilah yang menjadi akar masalah radikalisme,” jelas Direktur Deradikalisasi, Brigjen R. Ahmad Nurwakhid, di Kantor BNPT, Bogor, Kamis (14/3/2024).

Menurutnya ajaran agama erat hubungannya dengan bagaimana seorang individu memiliki wawasan kebangsan yang baik, sebagaimana hal tersebut adalah ciri dari seseorang yang menjalankan rukun ihsan.

Baca juga : BNPT Ajak Kuatkan Nilai Kebangsaan, Persatuan Dan Kesatuan

Rukun ihsan adalah ajaran Islam yang bermakna berbuat baik dengan beribadah kepada Allah SWT secara ikhlas.

Rukun ihsan terbagi menjadi dua macam, yaitu ihsan di dalam beribadah kepada sang pencipta (Al-Khaliq) dan ihsan kepada makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

“Dalam ber-Islam secara kaffah, utuh dan komprehensif, seseorang harus memiliki dan melaksanakan rukun iman, rukun islam dan rukun ihsan. Sementara itu, kelompok-kelompok atau individu yang terpapar paham radikalisme mengalami krisis rukun ihsan,” ujarnya.

Ciri-ciri tidak dimilikinya rukun ihsan pada kelompok radikal bisa dilihat dari tabiat mereka yang gemar menyalahkan orang lain.

Baca juga : Telkom Tuntaskan Konsolidasi Data Center Telin Singapore

Bahkan, mengkafir-kafirkan orang lain yang tidak sependapat dengan pandangan mereka atau disebut dengan Takfiri.

Padahal takfiri ini merupakan paham kekafiran yang tidak disadari oleh kelompok radikal.

“Kelompok radikal berpaham takfiri. Sementara takfiri ini merupakan paham kekafiran yang mereka tidak sadari,” ungkapnya.

Direktur Deradikalisasi ini mengajak agar konsep Hubbul wathon minal iman dan moderasi beragama dapat dijalankan dengan baik oleh seluruh umat muslim di Indonesia.

Baca juga : Pancasila: Religiusitas Dan Kesalehan Sosial Di Bulan Ramadhan

“Dalam menjalankan ketaatan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, kita harus beribadah secara khusu yang tercemin dengan sikap kita yang akhalkul kharimah, memiliki komitmen kebangsan dan mengakui konsesus kebangsaan,” tutupnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.