Dark/Light Mode

Hindari Kemacetan Saat Arus Mudik

Please, Pemudik Jangan Lama-lama Di Rest Area

Selasa, 26 Maret 2024 07:25 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Foto: Kemenko PMK)
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Foto: Kemenko PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu penyebab kemacetan di jalan tol saat arus mudik, yakni kepadatan di rest area. Penuhnya rest area membuat kendaraan antre memenuhi bahu jalan. Bahkan, sebagian pemudik terpaksa beristirahat di bahu jalan tol.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta pemudik tidak berlama-lama di rest area. Tujuannya, untuk menghindari kepadatan dan kemacetan.

“Untuk rest area tetap, ya. Maksimum dibatasi 30 menit berada di rest area, kurang dari itu lebih bagus,” ujar Muhadjir dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Baca juga : Banjir Rob Di Pesisir Makin Tak Terkendali

Saat ini, kata dia, sejumlah instansi terkait sedang mensimulasikan penambahan fasilitas di rest area. Di antaranya fasilitas toilet perempuan. Sebab, pada arus mudik tahun lalu, toilet perempuan adalah yang paling dibutuhkan.

“Yang berlama-lama di toilet, ternyata perempuan. Mudah-mudahan, kasus yang terjadi tahun lalu, antrean panjang memasuki rest area yang mengganggu jalan, bisa dikurangi tahun ini,” harap Muhadjir.

Lebih lanjut, dia meminta para pemudik tidak berhenti di bahu jalan tol. Sebab, banyak kasus kecelakaan imbas kendaraan berhenti di bahu jalan. “Kami mohon benar-benar diperhatikan,” pintanya.

Baca juga : Vietnam Vs Indonesia, Garuda Mau Akhiri Kutukan 19 Tahun

Terpisah, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan sejumlah penyebab kemacetan saat arus mudik. Di antaranya, kepadatan di rest area. Tempat ini menjadi pusat kemacetan karena banyaknya kendaraan yang antre masuk.

“Ini akan kami kelola bersama-sama dengan pengelola rest area, bagaimana traffic flow-nya. Bagaimana menambah pelayanan dari rest area itu agar arus lalu lintas bisa lancar,” ujarnya.

Selain itu, sambung Aan, kemacetan juga terjadi di gerbang tol. Sebab masih banyak pemudik yang lupa mengisi saldo e-toll.

Baca juga : Martinator Juara, Pecco Legowo

“Ini tentu menghambat perjalanan. Pengelola jalan tol sudah mempersiapkan cara untuk mempercepat pelayanan di gerbang tol,” ucap dia.

PT Jasa Marga (Persero) juga mengingatkan masyarakat untuk bijak menggunakan rest area saat mudik Lebaran 2024. Diharapkan, penggunaan rest area maksimal 30 menit.

“Disiplin, jangan gunakan bahu jalan. Di rest area juga harus bijaksana menggunakan waktu, maksimal 30 menit. Disarankan juga membeli makanan take away,” ujar Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Lisye Octaviana.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.