Dark/Light Mode

Vietnam Vs Indonesia, Garuda Mau Akhiri Kutukan 19 Tahun

Selasa, 26 Maret 2024 06:40 WIB
Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai menang melawan Vietnam. (Foto: Antara Foto/Hafidz Mubarak A/foc)
Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai menang melawan Vietnam. (Foto: Antara Foto/Hafidz Mubarak A/foc)

RM.id  Rakyat Merdeka - Stadion My Dynh, Hanoi, Vietnam, bakal membara malam ini. Tuan rumah akan menjamu Timnas Indonesia dalam lanjutan Grup F Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Keduanya wajib menang untuk menjaga peluang lolos ke fase selanjutnya.

Di klasemen sementara Grup F, Tim Garuda julukan Indonesia, saat ini berada di po­sisi kedua dengan koleksi empat poin, unggul satu poin atas tim Vietnam yang berada di posisi ketiga.

Hasil itu diraih setelah Indonesia menang 1-0 atas Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024), berkat gol semata wayang Egy Maulana Vikri.

Pentingnya laga tersebut, membuat Pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) memutar otak, setelah beberapa anak asuhnya mengalami cedera dan kondisi tidak baik.

Baca juga : Martinator Juara, Pecco Legowo

Salah satunya, STY memang­gil Muhammad Ferarri dan Rachmat Irianto untuk ber­gabung ke Vietnam.

Sebelumnya, Timnas juga telah memanggil kiper Ernando Ari ke Vietnam pada Sabtu (23/3). Kedatangan ketiga pe­main itu terkait dengan kondisi sejumlah pemain yang kurang baik.

STY memang tidak membawa serta kiper Nadeo Argawinata dan gelandang Marc Klok ke Hanoi dengan alasan kebugaran.

Sedangkan Sandy Walsh di­pastikan absen pada pertandin­gan melawan Vietnam karena akumulasi kartu kuning.

Baca juga : Hasbi Hasan Fitnah, Sengaja Cari Sensasi

Selain ketiga pemain itu, ter­dapat lima pemain yang sempat terkena demam. Mereka adalah Witan Sulaeman, Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner dan Yakob Sayuri.

Bek asal klub Persija, Ferarri mengutarakan kegembiraannya dapat kembali dipercaya ber­gabung dengan timnas.

Alhamdulillah saya mendapat panggilan untuk memperkuat timnas melawan Vietnam. Saya berharap kesempatan kali ini bisa saya manfaatkan sebaik-baiknya,” kata Ferarri.

Selain itu, Indonesia juga mendapat kabar baik. Thom Haye dan Ragner Oratmangoen bisa diturunkan di laga nanti. Kehadiran Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye dibutuhkan untuk menambah daya gedor skuad Garuda yang membutuh­kan kemenangan kontra Timnas Vietnam.

Baca juga : Soal Gibran, Anies-Ganjar Belum Bisa Move On

Dalam pola 3-4-3 racikan Shin Tae-yong, Thom Haye akan beroperasi sebagai gelan­dang sentral. Jika Ivar Jenner dalam kondisi bugar, Thom Haye hampir pasti dipasangkan dengan gelandang 20 tahun tersebut. Andai Ivar Jenner belum dalam kondisi terbaik, Thom Haye bakal dipasangkan dengan Ricky Kambuaya atau Marselino Ferdinan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.