Dark/Light Mode

Terbang ke Bangkok, Jokowi Siap Hadiri KTT ASEAN ke-35

Sabtu, 2 November 2019 13:47 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana saat hendak bertolak ke Bangkok, Thailand untuk menghadiri KTT ASEAN ke-35 dan KTT lainnya, Sabtu (2/11). (Foto: Humas Setkab)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana saat hendak bertolak ke Bangkok, Thailand untuk menghadiri KTT ASEAN ke-35 dan KTT lainnya, Sabtu (2/11). (Foto: Humas Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan terbatas bertolak menuju Thailand, Sabtu (2/11) pagi, dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Jokowi akan menghadiri rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN dan KTT terkait lainnya, pada 2 hingga 4 November 2019.

Baca juga : Seknas Jokowi Siap Hadapi Kelompok yang Mau Ganggu Pemerintah

KTT ke-35 ASEAN yang mengusung tema “Advancing Partnership for Sustainability” bertujuan memastikan kemitraan negara anggota ASEAN dan negara lainnya bagi keberlanjutan kemajuan di kawasan.

Sebelumnya, Jokowi menjelaskan, dalam KTT ke-35 ASEAN nanti, Indonesia akan mengajak seluruh anggota ASEAN untuk bersama membangun infrastruktur yang berkaitan dengan konsep Indo-Pasifik. Sehingga, memberikan dampak ekonomi yang baik kepada negara anggota ASEAN.

Baca juga : Kembangkan Inovasi Pendidikan, Alasan Jokowi Pilih Nadiem

“Kita harapkan, dengan konektivitas yang baik, daya saing dari produk-produk yang diproduksi negara-negara ASEAN menjadi lebih kompetitif,” kata Jokowi saat bertemu dengan wartawan, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11) siang. 

Selain menghadiri rangkaian pertemuan KTT, Presiden juga dijadwalkan akan melakukan beberapa pertemuan bilateral. Antara lain dengan Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca juga : Jelang Pelantikan, Jokowi Bikin Postingan di Twitter

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, dan Staf Khusus Presiden M. Fadjroel Rachman turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan tersebut.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah lebih dahulu berada di Bangkok, untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri dan mempersiapkan kedatangan Presiden. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.