Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

ASN Talent Academy Kembali Digelar

100 Peserta Jalur Undangan Dan 3.000 Peserta Jalur Free Access Siap Bersaing

Selasa, 2 April 2024 20:56 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Visi jangka panjang Indonesia pada 2045 ialah meraih pendapatan per kapita yang setara dengan negara maju.

Untuk mencapai cita-cita tersebut diperlukan pemimpin muda yang bekerja kira-kira dalam 10 tahun ke depan.

Untuk itu, pelatihan ASN Talent Academy (ATA) yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) dirancang untuk menyiapkan pemimpin masa depan.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi ASN LAN Basseng saat membuka secara resmi Pelatihan ASN Talent Academy Tahun 2024 secara daring, Senin (1/4/2024).

Lebih lanjut, Basseng juga menekankan pentingnya peran kepemimpinan dalam organisasi.

Menurutnya, para pemimpin adalah ujung tombak keberhasilan suatu organisasi.

Baca juga : Telkomsel Racing Academy, Tim Balap Anyar Dengan Segudang Kejutan Dan Prestasi

Karena itu, ATA berupaya hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut, dan mempersiapkan pemimpin masa depan.

Maju tidaknya organisasi sangat ditentukan oleh pemimpinnya. Kalau pemimpinnya kompeten dan pintar tentu ada kesempatan besar untuk memajukan organisasi.

Indonesia sebagai negara yang besar, tentu membutuhkan banyak pemimpin.

“Urgensi dari diselenggarakannya ATA ini karena kita butuh pemimpin masa depan untuk menjawab persoalan-persoalan di masa datang. Peserta diharapkan sudah bisa mulai berpikir kontribusi apa yang bisa diberikan di masa datang,” ujarnya.

Pelatihan ASN Talent Academy merupakan pelatihan yang dirancang sedemikian rupa sebagai jalur percepatan karir yang setara dengan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas.

Basseng juga menyampaikan harapannya agar seluruh peserta dapat memanfaatkan kesempatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya.

Baca juga : Kembali Digelar, Astranauts Jaring Startup & Mahasiswa Berpotensi

“ATA merupakan jalur percepatan karir. Kalau sudah berhasil, kita kalkulasi saudara bisa menempuh duduk di jabatan Eselon 2 dalam waktu 8 tahun,” tuturnya.

Dengan ATA, ada lompatan, karena setara dengan pelatihan kepemimpinan pengawas.

“Saya berharap saudara benar-benar memanfaatkannya dan saudara bisa menjadi pemimpin di unit kerjanya masing-masing,” tegas Basseng.

Pada kesempatan yang sama, Analis Kebijakan Ahli Madya pada Pusat Pengembangan Kader ASN Dadan Sidqul Anwar menyampaikan, per tanggal 2 April 2024, peserta ASN Talent Academy yang telah terdaftar mencapai 109 peserta dari jalur undangan, dan 3.164 peserta dari jalur free access.

Adapun pelaksanaan ASN Talent Academy terdiri dari 2 tahapan. Pertama, Tahapan Tidak Terikat (Unbundling) dengan agenda pelatihan meliputi rumpun Manajemen Perubahan Pelayanan Publik.

Tahapan ini dilaksanakan selama 29 hari, dan diikuti oleh seluruh peserta baik jalur undangan maupun free access.

Baca juga : Selain Thomas Doll, Persija Kembali Bakal Datangkan Dua Pelatih Asing

Kedua, Tahapan Terikat (Bundling) dengan agenda rumpun Kepemimpinan Pelayanan yang dilaksanakan selama 26 hari.

Tahapan ini berhak untuk diikuti oleh 30 orang peserta terbaik jalur undangan, dan 10 orang peserta terbaik jalur free access.

Pada tahapan terikat, selain didorong untuk merancang aksi perubahan, para peserta juga berkesempatan untuk melaksanakan magang di berbagai korporasi swasta maupun BUMN.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.