Dark/Light Mode

Aplikasi Travoy Mudahkan Pengguna Jalan Tol

Jasa Marga All Out Sukseskan Arus Mudik Lebaran 2024

Jumat, 5 April 2024 08:00 WIB
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (tengah), Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operator Yoga Trianggoro dan Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara (kiri) meninjau persiapan pelayanan mudik Lebaran 2024 di Jasa Marga Tollroad Command center, di Jati Asih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/4/2024).
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (tengah), Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operator Yoga Trianggoro dan Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara (kiri) meninjau persiapan pelayanan mudik Lebaran 2024 di Jasa Marga Tollroad Command center, di Jati Asih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/4/2024).

 Sebelumnya 
“Tiap tahun, progres pelayanannya makin baik. Kemampuan Jasa Marga memprediksi, early warning dan pelaksana rekayasa lalulintas sebelum terjadinya kepadatan kendaraan semakin baik dan harus kita apresiasi,” ujar Tiko.

Sementara, Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO), Yoga Tri Anggoro menambahkan, tahun ini pihaknya menawarkan pengalaman baru untuk pengguna jalan tol. Lewat aplikasi Travoy, pengguna dapat menerima informasi mengenai estimasi jarak, waktu tempuh, tarif tol, informasi lalu lintas, CCTV real time, rest area yang akan dilalui, hingga kecepatan rata-rata selama rute perjalanan. “Aplikasi Travoy ini dapat memudahkan para pengguna jalan tol untuk merencanakan dan mengatur waktu perjalanan dari lokasi asal ke lokasi tujuan,” kata Yoga.

Dia yakin, mobilitas masyarakat yang sehari-harinya menggunakan jalan tol akan mendapatkan rute terbaik. “Karena pengguna mendapatkan informasi terkini jalan tol yang sangat lengkap,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia bilang, dengan semakin lengkapnya fitur pada aplikasi Travoy membuat perjalanan semakin terencana. “Terutama dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini,” tukasnya.

Baca juga : Lelang, Kejagung Nyicil Eksekusi Uang Pengganti

Tingkatkan Layanan

Di tempat yang sama, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana menjelaskan, Jasa Marga menyiapkan sejumlah layanan untuk memastikan kelancaran mudik Lebaran 2024.

Emiten berkode saham JSMR ini telah menyiapkan, mulai dari penambahan petugas, ada 700 personel tambahan pada gerbang tol selama mudik Lebaran tahun ini.

“Untuk mengurai kemacetan juga disiapkan di rest area yang konsep parkirnya satu arah untuk menghindari kepadatan di dalam rest area,” ujar Lisye.

Baca juga : 54 Ribu Orang Serbu Pasar Tanah Abang

Selain itu, Jasa Marga juga menyiagakan 548 unit mobile reader, 23.239 rubber cone, 181 unit kendaraan direct, 5 unit crane, 7 set mobile storage, 5 unit patroli motor, dan 47 tim preservasi untuk memastikan kondisi lalu lintas.

Tak hanya itu, ada juga penambahan toilet portabel hingga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) modular yang bekerja sama dengan pihak Pertamina.

Jasa Marga juga bekerja sama dengan PLN untuk menambah titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), yang awalnya 17 titik kini menjadi 49 titik yang tersebar dari Jakarta hingga Surabaya.

“Selain itu, ada CCTV yang terintegrasi di ruas tol. Total ada 2.500 CCTV yang disiapkan dan bisa diakses melalui aplikasi kita yang JID (Jasa Marga Integrated Digitalmap),” pungkas Lisye. 

Baca juga : The Gunners Gusur Posisi Liverpool

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 5 April 2024 dengan judul Aplikasi Travoy Mudahkan Pengguna Jalan Tol, Jasa Marga All Out Sukseskan Arus Mudik Lebaran 2024

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.