Dark/Light Mode

Jokowi Rayu Apple Bangun Pabrik Di RI

Rabu, 17 April 2024 16:06 WIB
Presiden Jokowi menerima CEO Apple Tim Cook di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4/2024). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi menerima CEO Apple Tim Cook di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4/2024). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menerima CEO Apple Tim Cook di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4/2024). Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta Apple investasi bangun pabrik di Indonesia.

"Tadi, Bapak Presiden dan kami menerima CEO Apple, Mr. Tim Cook, untuk membicarakan berbagai rencana strategis Apple di Indonesia dan juga bagaimana Indonesia bisa menjadi bagian dari global supply chain," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dalam keterangan pers usai pertemuan.

Baca juga : Usai Ketemu Jokowi, Bos Apple Ketemu Prabowo

Sementara, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, Apple berencana untuk menambah Apple Developer Academy keempat sebagai investasi di Indonesia. Saat ini, telah ada tiga Apple Developer Academy yang tersebar di Surabaya, Batam, dan Tangerang.

"Mereka sudah umumkan kemarin bahwa akan menambah satu lagi fasilitas di Bali. Dan ini sebetulnya keempat fasilitas Apple Developer Academy ini berdasarkan kesepakatan antara Indonesia dengan Apple," ujar Menperin.

Baca juga : Ketemu Jokowi Di Istana, Bos Apple Kaji Bangun Pabrik Di Indonesia

Menperin mengatakan, Presiden juga mendorong Apple untuk menciptakan pabrik manufaktur di dalam negeri. Menperin menyebut, sejumlah komponen perangkat Apple sudah siap di Indonesia.

"Nanti setelah dari sini dari Kemenperin akan melakukan proses business matching, kami sudah punya listnya terhadap komponen-komponen apa saja, komponen HP cellphone yang sudah diproduksi di Indonesia yang mungkin bisa kita kawinkan, namanya business matching," ujarnya.

Baca juga : BSI Genjot Literasi Dan Inklusi Keuangan Syariah Di IKN

Selanjutnya, Menperin menuturkan bahwa Jokowi mengajak Apple untuk membentuk pusat inovasi yang bekerja sama dengan universitas terbaik di Indonesia untuk pengembangan sumber daya manusia.

"Ini juga satu hal yang Tim Cook itu juga sangat eager untuk melakukan follow up. Banyak tadi juga dibicarakan bagaimana kita men-develop human resources atau human development yang ada di Indonesia melalui Apple," tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.