Dark/Light Mode

Pembina Pelayanan Publik Terbaik

Kementerian PANRB Berikan Penghargaan Untuk 14 Kepala Daerah

Selasa, 5 November 2019 21:35 WIB
Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X (kiri) menerima penghargaan Kepala Daerah Pembina Pelayanan  Publik Kategori Sangat Baik, dari Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (5/11). (Foto: Humas Kemenko Polhukam)
Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X (kiri) menerima penghargaan Kepala Daerah Pembina Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik, dari Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (5/11). (Foto: Humas Kemenko Polhukam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan hasil evaluasi pelayanan publik di wilayah III.

Indeks pelayanan publik di wilayah ini mendapatkan predikat B atau “Baik” dengan skor 3,51.

Terkait hal ini, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan, perolehan predikat tersebut hendaknya tak lantas membuat unit pelayanan publik berpuas diri.

"Artinya, masih perlu kerja keras dan komitmen masing-masing Pemda di wilayah III, untuk menuju pelayanan publik yang prima," ujar Diah dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III, di Jakarta, Selasa (5/11).

Dalam acara ini, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada 11 unit pelayanan publik yang mendapat hasil evaluasi dengan predikat A (pelayanan prima). Penghargaan juga diberikan kepada 13 kepala daerah, sebagai pembina pelayanan publik terbaik.

Baca juga : Kemenperin Gembleng Pengusaha Baru Bidang Fesyen Dan Kriya

Selain itu, Piagam juga diberikan pada kepala daerah dari Papua, yang mendapatkan penghargaan sebagai wujud hasil dari program percepatan pembangunan Papua.

Perlu diketahui, provinsi yang termasuk wilayah III adalah Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Jawa Tengah, dan D.I Yogyakarta.

Sulawesi Tengah terpaksa absen, karena mereka masih dalam tahap pembangunan pasca bencana alam. Namun terdapat satu pemda yang dilakukan evaluasi di provinsi tersebut, yakni Kabupaten Banggai.

Lokus evaluasi pada wilayah III ini adalah 11 provinsi dan 67 kabupaten/kota.

Di tingkat provinsi, unit pelayanan yang dievaluasi adalah DPM-PTSP, RSUD Provinsi, dan SAMSAT. Sedangkan di tingkat kabupaten/kota, unit yang dievaluasi melingkupi DPM-PTSP kab/kota, RSUD kab/kota, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Baca juga : Kementerian yang Mau Lakukan Pencegahan, Silakan Kontak KPK

Diah menerangkan, instrumen yang digunakan untuk evaluasi mengacu pada Peraturan Menteri PANRB No. 17/2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Dalam peraturan itu, ada enam aspek yang dinilai. Yakni profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi.

Dari hasil evaluasi tersebut, Diah memberikan beberapa hal yang perlu dicatat. Antara lain, pelibatan masyarakat dalam perumusan kebijakan, khususnya penyusunan standar pelayanan.

Kemudian, unit pelayanan juga harus mengelola pengaduan untuk perbaikan kualitas pelayanan publik, dan pendokumentasian kegiatan yang dilakukan.

'Unit juga harus melaksanaan survei kepuasan masyarakat, dan menindaklanjuti survei," pungkasnya.

Baca juga : Tingkatkan Layanan, Taspen Resmikan Gedung Baru Cabang Jaksel

Berikut ini adalah data penghargaan yang diberikan Kementerian PANRB pada Selasa (5/11):

Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima:

  1. SUD Tugurejo
  2. RSUD Cilacap
  3. RSUD KRMT Wongsonegoro
  4. RSUD Daya Makassar
  5. DPMPTSP Kota Kendari
  6. DPMPTSP Kabupaten Gunung Kidul
  7. DPMPTSP Kabupaten Cilacap
  8. DPMPTSP Kota Tegal
  9. Disdukcapil Kota Surakarta
  10. Disdukcapil Kab. Bantul
  11. Disdukcapil Kab. Cilacap

Kepala Daerah Pembina Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik:

  1. Gubernur DI Yogyakarta
  2. Gubernur Jawa Tengah
  3. Bupati Bantul
  4. Bupati Banyumas
  5. Bupati Cilacap
  6. Bupati Gunung Kidul
  7. Bupati Kulonprogo
  8. Bupati Semarang
  9.  Bupati Sleman
  10. Bupati Wonogiri
  11. Wali Kota Makassar
  12. Walikota Semarang
  13. Walikota Yogyakarta

Penghargaan khusus kepada Kepala Daerah Pembina Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik dalam rangka percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat,  diberikan kepada Wali Kota Jayapura. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.