Dark/Light Mode

Menteri Basuki Berkomitmen Selesaikan Ribuan Status Non-ASN PUPR

Sabtu, 20 April 2024 23:18 WIB
Menteri Basuki di acara Penyerahan Persetujuan Prinsip Kebutuhan ASN Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2024, di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (19/4)
Menteri Basuki di acara Penyerahan Persetujuan Prinsip Kebutuhan ASN Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2024, di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (19/4)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mengusulkan jumlah formasi aparatur sipil negara (ASN) tahun 2024 kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). 

Pada tahun anggaran 2024, PUPR akan menerima 26.319 orang ASN. Rinciannya, 6.385 orang calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tenaga teknis, 3 orang CPNS tenaga kesehatan dan 19.931 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga teknis. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, jumlah formasi ASN ini untuk menuntaskan manajemen ASN di Kementerian PUPR. 

Baca juga : Urai Macet Arus Balik, Tol Bocimi Segera Dibuka Lagi

“Saat ini kita masih punya sekitar 20 ribu lebih non-ASN, 3.200 PPPK dan 19 ribu-an ASN. Kita harus selesaikan  status 20 ribu orang non-ASN,” ujar Basuki pada acara Penyerahan Persetujuan Prinsip Kebutuhan ASN Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2024, yang dikutip Jumat (19/4).

Menteri dari PDI Perjuangan ini berpesan kepada para Eselon I agar mendorong para pegawai non-ASN mendaftar formasi PPPK. Hal ini merupakan bentuk perhatian Kementerian PUPR terhadap status para pegawainya.

Dalam kesempatan ini, Basuki juga berterima kasih kepada Kementerian PAN-RB yang sudah menyetujui usulan formasi ASN PUPR. 

Baca juga : Panggil 4 Menteri, MK Penuhi Sebagian Kemauan 01 Dan 03

“Mudah-mudahan penyelesaian ini tidak hanya menerima 6.000 CPNS baru, tetapi juga menyelesaikan status non-ASN yang ada di Kementerian PUPR pada tahun 2024. Mari kita tuntaskan semua di tahun ini,” ujarnya. 

Sementara Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, secara total usulan formasi ASN Kementerian PUPR disetujui sebesar 95,3%. 

“Dari usulan sebanyak 27.609 formasi sudah disetujui 26.319 formasi,” terang Anas.

Baca juga : Menteri Basuki Komitmen Kembangkan Produk Lokal Dalam Infrastruktur

Lebih lanjut, Anas mengatakan, terdapat lima prinsip penerimaan ASN 2024 yang disepakati bersama Presiden Jokowi. Prinsip tersebut, yakni fokus pada pelayanan dasar tenaga guru dan kesehatan, seoptimal mungkin menyelesaikan permasalahan tenaga non-ASN di internal pemerintah, merekrut talenta baru (fresh graduate) melalui seleksi CPNS, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak transformasi digital dan mendukung efektivitas kerja IKN Nusantara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.