Dark/Light Mode

Untuk Capai Target SDGs 2030

Pemerintah Dan Swasta Kudu Pererat Kerja Sama

Kamis, 2 Mei 2024 07:30 WIB
Pakar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Prof. Winarni D. Monoarfa
Pakar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Prof. Winarni D. Monoarfa

RM.id  Rakyat Merdeka - Enam tahun lagi, tepatnya pada 2030, sejumlah target program Sustainable Development Goals (SDGs) harus sudah dicapai. Kerja sama antara pemangku kepentingan, termasuk Pemerintah dan pihak swasta, harus kian ditingkatkan

PAKAR Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Prof. Winarni D. Monoarfa menyebutkan, harus ada kerja sama pentahelix untuk mencapai tujuan SDGs 2030.

Dia menyatakan, perlu ada komitmen nyata dari negara-negara untuk mencapai tar­get SDGs yang telah ditetap­kan bersama. Perlu peran daerah-daerah, korporasi dan pihak lainnya untuk berkon­tribusi.

“Di Indonesia, perlu ada ko­laborasi Penta Helix, pemerin­tah, media, korporasi, akademisi, masyarakat, dalam memberikan upaya nyata dalam capaian tersebut,” ujarnya, dalam acara launching Anugerah Indonesia CSR Award (ICA) dan Indonesia SDGs Award (ISDA) 2024, yang digelar di Jakarta Selatan, Senin (29/4/2024),

Baca juga : Giliran Gelora Kena Sindir

Kepala Sekretariat Nasional TPB/SDGs Badan Perenca­naan Pembangunan Nasional (Bappenas) Pungkas Bahjuri Ali, menambahkan, perusa­haan swasta bisa menggunakan aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) untuk mencapai taarget SDGs.

“Termasuk dengan cara menerapkan Creating Shared Value (CSV) oleh perusahaan dalam menjalankan program CSR (Corporate Social Responsibility). CFCD merupakan forum penting untuk memperkuat sinergitas antar pihak,” tu­turnya.

ICA dan ISDA Awards digelar oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD).

Acara tersebut merupakan pemberian penghargaan dan apresiasi bagi para pelaku usaha swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), lembaga peng­giat CSR, maupun perorangan, yang diadakan secara rutin setiap tahunnya.

Baca juga : Airin, Dimyati, Rano Berburu Tiket PDIP

Melalui ICA dan ISDA Award 2024, akan dilihat efektifitas berjalannya sebuah program khususnya program lingkungan dan masyarakat.

Acara yang rencananya akan berlangsung pada September mendatang, dukungan oleh KLHK, Bappenas, dan Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung, Mohammad Kur­nia Ariawan menambahkan, pihaknya berkomitmen men­capai target-target tersebut, dan terus berkontribusi untuk masyarakat.

“Kami memastikan bahwa masyarakat dapat menerima kontribusi nyata dari Kideco, sehingga dapat terus sustainable dan mandiri ketika memasuki periode pasca tambang,” tutur Ariawan.

Baca juga : Pemerintah: Awasi Dan Laporkan

Dia yakin, korporasi lain juga memiliki semangat yang sama untuk mewujudkan hal tersebut.

“Salah satunya mendukung penuh jalannya ICA dan ISDA Award 2024,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum CFCD, Thendri Supriatno menyampai­kan, penganugerahan tersebut menggunakan ISO 26000’ dan kerangka 17 tujuan Sustainable Development Goals.

“Sehingga semua pihak juga tahu dan selaras dalam men­jalankan program aktual di lapangan dan pada saat melaku­kan penilaian program,” terang­nya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.