Dark/Light Mode

Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo

Era Revolusi Industri 4.0, Anggota Korpri Harus Makin Inovatif Melayani Publik

Senin, 11 November 2019 11:23 WIB
Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo di sela kunjungan kerjanya di Tanjung Pinang, Bangka Belitung, Senin (11/11). (Foto: Humas PAN RB)
Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo di sela kunjungan kerjanya di Tanjung Pinang, Bangka Belitung, Senin (11/11). (Foto: Humas PAN RB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo mengingatkan, anggota  Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tidak boleh lengah di era revolusi industri 4.0.

Pelayanan publik harus diimbangi dengan pelayanan yang baik, serta akses yang cepat dan memudahkan. 

“Misalnya Pembuatan Kartu Keluarga, Pembuatan Akte Kelahiran, SIM, Paspor. Itu kita nggak perlu lagi tatap muka di kantor pelayanan publik. Cukup semua data dikirimkan secara online atau melalui smartphone, lalu diambil ketika sudah selesai,” ujar Tjahjo dalam Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (Pornas)  Korpri di Tanjung Pinang, Bangka Belitung, Senin (11/11).

Baca juga : Hadapi Revolusi Industri 4.0, Hubungan RI-Jepang Kudu Semakin Diperkuat

Tjahjo mengatakan, Korpri saat ini beda dengan sepuluh tahun lalu. Apalagi, saat ini banyak kemudahan yang diperoleh masyarakat dengan adanya teknologi. Otomatis, akan selalu menjadi pembanding.

Tjahjo juga mengingatkan, semakin ke depan, harapan masyarakat terhadap kualitas layanan publik akan semakin tinggi.

Untuk memenuhi harapan tersebut, setiap anggota Korpri harus memiliki fisik dan mental yang sehat, serta karakter dasar sebagai birokrasi yang melayani, dan berkarya bagi bangsa dan negara.

Baca juga : Menteri BUMN Beri Penghargaan ke Karyawan Inspiratif Tahun 2019

Gen sebagai pelayan masyarakat harus ditanamkan kuat-kuat dalam hati sanubari, dan diwujudkan menjadi perilaku yang melayani secara profesional.

Dengan teknologi yang semakin canggih, cara bekerja juga harus berubah. Kecepatan merupakan faktor kunci kesuksesan dalam berkarya. Yang cepat akan mengalahkan yang lambat.

Birokrasi tidak boleh lagi menyelesaikan masalah saat ini, dengan cara-cara masa lalu. Masalah saat ini harus diselesaikan dengan cara- cara kekinian yang lebih cepat, lebih efisien, dan lebih memberikan dampak luas dan berjangka panjang.

Baca juga : JK Minta KB Dilanjutkan

"Anggota Korpri yang tersebar di seluruh Indonesia, saya minta untuk menjadi garda depan merawat persatuan dan kesatuan bangsa. Kita harus terus-menerus menggaungkan dan membangun kesadaran sebagai bangsa yang besar, sebagai bangsa pemenang. Seluruh anggota Korpri harus mampu menebarkan optimisme dalam setiap gerak dan langkahnya,” tegas Tjahjo.

Dia pun mengajak seluruh anggota Korpri untuk terus bergerak mencari terobosan, terus melakukan inovasi. Inovasi adalah ruhnya birokrasi.

“Saya ingin, kita semua menjadi birokrasi yang inovatif. Saat ini, pemerintah terus melakukan reformasi birokrasi melalui inovasi pemerintahan, yang menerapkan e-Government. Pemerintahan yang berbasis elektronik, saya yakini akan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat, lebih murah, dan mampu meminimalkan praktek korupsi,” tutupnya. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.