Dark/Light Mode

Bakal Terkoneksi Layanan Starlink

10 Ribu Puskesmas Terakses Internet

Senin, 20 Mei 2024 07:10 WIB
Bakal Terkoneksi Layanan Starlink 10 Ribu Puskesmas Terakses Internet

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berusaha memaksimalkan pemerataan layanan Puskesmas. Tak terkecuali di pelosok Indonesia. Langkah yang tengah dilakukan, yakni mengoptimalkan jaringan internet.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini masih banyak Puskesmas yang membutuhkan internet berkualitas.

Internet yang koneksinya tokcer di pelosok daerah diyakini akan mengoptimalkan peran Puskesmas di daerah-daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

“Sekarang ada 10.000 Puskesmas yang semuanya harus digitalisasi. Kami digitalisasi agar layanan-layanan sebelumnya yang tidak bisa disampaikan di Puskesmas atau sulit diakses oleh masyarakat, jadi bisa diakses,” ujar Budi saat mengunjungi Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Bali, Minggu (19/5/2024) sore.

Baca juga : Pertamina Sukses Serap Produk UMKM Terbanyak

Budi mengecek kesiapan lokasi peresmian Starlink di Puskesmas tersebut. Rencananya, seluruh Puskesmas di Indonesia akan terkoneksi layanan Starlink.

Starlink merupakan layanan internet milik CEO SpaceX Elon Musk yang juga hadir di Bali bersama Menkes.

Elon Musk menandatangani kerja sama peresmian Starlink di Puskesmas Sumerta Kelod. Penandatanganan dilakukan bersama Menkes.

Selain itu, Elon Musk juga melakukan teleconference untuk mengetes kemampuan jaringan internet miliknya. Telecon ference dilakukannya langsung dengan Puskesmas Tabarfane Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

Baca juga : Kadin Optimistis Tercipta Dua Juta Lapangan Kerja

Budi mengatakan, dengan hadirnya internet Starlink di Tanah Air, nantinya 10.000 Puskesmas bakal mudah mendapatkan akses internet.

Sebelumnya, sebanyak 2.700 Puskesmas kesulitan mendapatkan akses internet dan sekitar 700-an, tidak memiliki akses sama sekali.

Eks Direktur Utama Bank Mandiri ini meyakini dengan program ini, seluruh Puskesmas yang tersebar di 7.000 pulau mendapatkan akses internet yang sama bagusnya.

Layanan Puskesmas di wilayah 3T bakal setara dengan layanan Puskesmas atau Puskesmas pembantu atau Posyandu di daerah perkotaan.

Baca juga : Jakarta Dihuni 3 Juta Penduduk “Siluman”

“Saya datang ke Bali untuk melihat contohnya sambil mengecek juga, apakah koneksi teman-teman yang ada di Maluku yang sedang dicoba di sana bisa terkoneksi juga dengan yang ada di Bali,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.