Dark/Light Mode

LAN Kembali Raih Penghargaan Pengawasan Kearsipan Kategori Sangat Memuaskan

Jumat, 31 Mei 2024 10:26 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Administrasi Negara (LAN) kembali meraih penghargaan atas hasil pengawasan kearsipan untuk kelima kalinya dengan nilai 95,13 kategori AA (Sangat Memuaskan) dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Penghargaan ini diserahkan kepada Sekretaris Utama LAN, Reni Suzana pada acara Puncak Hari Kearsipan ke-53 di Hotel Mercure, Samarinda, Rabu (29/5/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Reni mengapresiasi seluruh arsiparis di lingkungan LAN atas upaya dan kerja keras selama ini dalam mengelola kearsipan LAN.

Penghargaan ini, kata dia, menjadi komitmen LAN dalam menjalankan tugas kearsipan dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Baca juga : MA Kabulkan Gugatan Usia Calon Kepala Daerah, Jokowi Bilang Begini

Dengan pengelolaan dan pengawasan kearsipan yang optimal LAN tidak hanya memenuhi aspek regulasi dan administrasi, tetapi juga berkontribusi dalam pelestarian memori kolektif bangsa.

"Arsip sebagai komponen penting dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintah, LAN akan terus berkomitmen untuk terus meningkatkan pengelolaan kearsipan serta memastikan bahwa setiap arsip dapat dikelola dengan baik, mudah diakses dan mudah menemukenali arsip ketika dibutuhkan," ujar Reni, dalam siaran pers, Jumat (31/5/2024). 

Ia juga menyampaikan, dengan perolehan nilai 95,13 ini, artinya LAN mengalami peningkatan nilai dibanding Tahun 2022. Saat itu, LAN memperoleh nilai 94,30.

Peningkatan ini didapatkan antara lain dari aspek pembinaan kearsipan dan sumber daya kearsipan.

Baca juga : Ambeno Tawarkan Pengobatan Ambeien dengan Pendekatan Alami dan Berkualitas

Sementara itu, Plt Kepala ANRI Imam Gunarto dalam laporannya menyampaikan, berdasarkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2023, ANRI memberikan apresiasi dan penghargaan bagi LAN atas pencapaian dan kinerjanya dalam penyelenggaraan pengelolaan kearsipan secara konsisten hingga memperoleh penghargaan 5 kali berturut-turut.

Imam juga menyampaikan, Pemerintah terus berkomitmen untuk menegakkan dan melaksanakan tertib arsip secara nasional.

Hingga saat, tercatat bahwa hasil pengawasan kearsipan tahun 2023 terus mengalami peningkatan yang relatif signifikan.

Pada kementerian dan lembaga hasil pengawasan kearsipan telah mencapai 94,19 persen dan berkinerja baik.

Baca juga : Top! Bandara Hang Nadim Berikan Pelayanan Maksimal Bagi Jemaah Haji

Namun, hal ini berbanding terbalik dengan pencapaian yang diraih di tingkat kabupaten/kota yang hanya mencapai 35,43 persen dari 180 kabupaten/kota.

Kondisi demikian menjadi tantangan bagi para Arsiparis untuk menjaga kontinuitas dan keberlanjutan jalannya pemerintahan melalui pengawasan memori kolektif bangsa secara tertib dan berkesinambungan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.