Dark/Light Mode

Menko Airlangga Paparkan Sustainable Infrastructure Di Pertemuan Tingkat Menteri IPEF

Rabu, 5 Juni 2024 09:00 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) saat bertemu US Secretary of Commerce, Gina Raimondo di Fullerton Hotel Singapura. (Foto: Istimewa)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) saat bertemu US Secretary of Commerce, Gina Raimondo di Fullerton Hotel Singapura. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara sahabat di sela Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Indo-Pacific Economy Framework for Prosperity (IPEF), IPEF Clean Economy Investor Forum (CEIF, dan The 6th Bilateral Economic Working Groups (EWG) Ministerial Meeting di Singapura.

Airlangga dijadwalkan menghadiri pertemuan tingkat menteri di Marina Bay Sands Singapura, mulai Rabu (5/6) hingga Sabtu (9/6/2024).

Kehadiran Airlangga di pertemuan ini diharapkan mampu mendorong peran penting Indonesia dalam IPEF.

Selain itu juga untuk meningkatkan peran kunci Indonesia dalam kerja sama regional di Kawasan Indo Pasifik, yang akan memberikan manfaat nyata dalam mendorong peningkatan ekonomi Indonesia.

Baca juga : Dukung Proyek IKN, PLN Rampungkan Tiga Infrastruktur Kelistrikan Tegangan Tinggi

Sebelum menggelar pertemuan bilateral, Airlangga akan menghadiri pertemuan IPEF Ministerial Meeting yang akan membahas tindak lanjut Pilar II (Supplay Chain), penandatanganan Pilar III (Clean Economy), Pilar IV (Fair Economy) dan Overarching Agreement.

Setelah itu, Airlangga melanjutkan agenda dengan menggelar pertemuan bilateral bersama sejumlah negara sahabat.

Airlangga dijadwalkan bertemu US Secretary of Commerce, Gina Raimondo di Fullerton Hotel pada hari pertama di Singapura.

Airlangga dan Raimondo direncanakan membahas tindak lanjut Pilar II yang menjadi pembahasan dalam IPEF Ministerial Meeting di hari yang sama.

Baca juga : Mau Resmikan Proyek Infrastruktur Di IKN, Jokowi Kunker ke Kalimantan Timur

Pertemuan dengan Raimondo terkait tindak lanjut Pilar II (Supply Chain) akan berupa proses ratifikasi di masing-masing negara anggota IPEF.

Setelah pertemuan dengan US Secretary of Commerce, Airlangga yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar ini akan bertemu bilateral dengan Minister of Trade Korea Selatan.

Pertemuan ini mengagendakan penandatanganan MoU terkait impelemtasi Article 6 pada Paris Agreement. Selanjutnya, Airlangga juga dijadwalkan menggelar pertemuan bilateral dengan State Minister of Japan, Tsuji Kiyoto.

Airlangga juga dijadwalkan bertemu bilateral dengan Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam, Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong, Deputi Perdana Menteri Singapura Gan Kim Yong, dan jajaran pemerintahan Singapura lainnya.

Baca juga : Bangun Rumah dan Infrastruktur Terbaik, Perumahan MGK Serang Raih Duo Award 2024

Bahkan, di sela Ministerial Meeting IPEF, Menko Perekonomian RI juga didapuk menjadi Panelis dalam Sustainable Infrastructure Dialogue pada Clean Economy Investor Forum (CEIF).

Di acara ini, Airlangga akan memaparkan kebijakan Indonesia dalam menjalankan suistainable infrastructure.

Kunjungan kerja Airlangga di Singapura didampingi Sesmenko Perekonomian Susiwijono bersama Tim Ahli dan jajaran pejabat Kemenko Perekonomian.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.