Dark/Light Mode

CIMB Niaga Optimistis Tahun Ini Pertumbuhan Kredit Tetap Positif

Rabu, 24 April 2024 20:28 WIB
CIMB Niaga menggelar Halal bi Halal dan Silaturahmi bersama media di Jakarta, Rabu (24/4/2024). (Foto: Dok. CIMB Niaga)
CIMB Niaga menggelar Halal bi Halal dan Silaturahmi bersama media di Jakarta, Rabu (24/4/2024). (Foto: Dok. CIMB Niaga)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tetap berkeyakinan, pertumbuhan kredit masih positif bahkan tetap  double digit meski ekonomi dunia masih diselimuti memanaskan konflik geopolitik dari Timur Tengah (TimTeng).

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi mengatakan, saat ini semua negara bukan hanya Indonesia ekonominya memang sangat tergantung dengan situasi yang terjadi di dunia.

Hal itu jelas mempengaruhi kebijakan fiskal dan monter, serta memiliki dampak bagi ekonomi di dalam negeri.

“Kami berharap perbankan akan terus optimis, dan tidak memiliki shock economy. As Possible, bank pasti akan berusaha untuk tetap melanjutkan fungsi intermediasi, tak terkecuali bagi CIMB Niaga,” kata Noviady saat ditemui dalam acara Halal bi Halal dan Silaturahmi bersama media di Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Noviady menuturkan, beberapa sektor yang berdampak tetapi masih punya potensi untuk bertumbuh meski di tengah situasi geopolitik dan ekonomi luar negeri adalah otomotif maupun  personal loan. Hal ini mengingat, kebutuhan dua sektor akan terus ada.

“Kalau dilihat sektor yang growth positif adalah otomotif masih bagus secara year on year (yoy) kami masih  double digit, personal loan juga double digit di kuartal I-2024. Karena kebutuhan sektor masih akan terus ada,” ungkapnya.

Selain itu, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) juga masih terkena dampak dari sebelumnya namun tetap berpotensi.

Baca juga : The Gunners Gusur Posisi Liverpool

Untuk itu kata Noviady, CIMB Niaga tetap berupaya menggarap target konsumer melalui program unggulan. Di KPR, pihaknya gencar mendorong pertumbuhan dengan program KPR Xtra Manfaat.

Pinjaman cicilan untuk investasi atau modal kerja yang memberikan manfaat bunga lebih ringan, dan jatuh tempo pinjaman yang lebih cepat, sesuai jumlah saldo mengendap pada tabungan atau giro.

Bahkan 70 persen dari saldo tabungan atau giro Anda dimanfaatkan untuk meringankan bunga cicilan tanpa blokir rekening dan tetap bebas dimanfaatkan.

Selain itu, bisa memanfaatkan hingga 9 rekening tabungan atau giro anda beserta pasangan, keluarga atau pengurus perusahaan untuk bunga cicilan yang lebih ringan.

“Kami yakin program KPR Xtra Manfaat ini tidak dimiliki oleh bank swasta lain, maupun bank negara lainnya,” kata Noviady.

Perkuat Kolaborasi Hingga Atasi Stunting

Di kesempatan yang sama, juga diselenggaran acara halal bi halal CIMB Niaga bersama media.

Baca juga : Jeda Kompetisi, Stefano Beltrame Tetap Fokus Latihan

Noviady mengapresiasi berbagai pihak, termasuk peran media dalam melakukan literasi keuangan masyarakat terutama terkait produk dan layanan perbankan.

“Terima kasih atas dukungan dan masukan konstruktif yang terus diberikan oleh rekan-rekan jurnalis kepada CIMB Niaga, sehingga kami semakin memahami kebutuhan nasabah dan dapat menghadirkan produk yang relevan serta layanan yang optimal,” katanya.

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei menyebut, media massa merupakan mitra strategis yang sangat penting, selain untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, media juga berkontribusi bersama CIMB Niaga untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat.

“Tentu tak hanya dengan meliput pemberitaan saja, kami juga selalu mengajak media agar terlibat dengan program corporate social responsibility (CSR) dan sustainability CIMB Niaga, sehingga bisa mendapatkan pengalaman berharga (life experience) dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan,” tuturnya.

Salah satu kegiatan CSR yang menjadi fokus CIMB Niaga tahun ini yaitu membantu Pemerintah dalam mengatasi masalah gizi buruk sebagai upaya mencegah stunting di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), salah satunya menghapuskan semua bentuk kekurangan gizi pada 2030.

Program yang berlangsung tiga tahun ini difokuskan di Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerja sama dengan United Nations Children's Fund (UNICEF).

Baca juga : Semoga Pertumbuhan Ekonomi Terdongkrak

“Permasalahan gizi buruk dan stunting merupakan tantangan yang harus dihadapi secara gotong royong,” tegas Fransiska.

Karena itu, dalam program tersebut CIMB Niaga berkolaborasi dengan UNICEF serta juga memberikan kesempatan kepada masyarakat dan nasabah, termasuk rekan-rekan jurnalis yang ingin berkontribusi dengan berdonasi melalui Rekening CIMB Niaga Peduli.

“Dengan upaya bersama ini, kami berharap program dapat berdampak positif untuk mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia,” kata Fransiska.

Selain bersama UNICEF, sebelumnya CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariah (CIMB Niaga Syariah) juga telah mencanangkan progam Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dan Kompas Gramedia Group.

“Kami berharap semua program yang kami inisiasi dan melibatkan berbagai stakeholders dapat berjalan dengan baik untuk mengatasi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia,” pungkas Frasiska.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.