Dark/Light Mode

LAN Datathon 2024 Digelar, Tingkatkan Kesadaran Pengelolaan Data Terintegrasi

Jumat, 14 Juni 2024 14:04 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertumbuhan data dan informasi terus terjadi secara eksponensial di lingkup instansi pemerintah.

Hal ini disebabkan banyaknya intensitas digital layanan pemerintah yang terus dihasilkan dalam dekade terakhir.

Besarnya volume data ini tidak akan memiliki manfaat jika tidak dikelola dan diolah dengan baik.

Menyikapi hal tersebut, Lembaga Administrasi Negara (LAN) mendorong kesadaran seluruh instansi pemerintah akan pentingnya data driven dalam mewujudkan satu data indonesia.

Hal ini diungkapkan Pelaksana Tugas Kepala LAN Muhammad Taufiq pada Launching LAN Datathon 2024, di Aula Prof. Agus Dwiyanto, Kantor LAN, Jalan Veteran Nomor 10, Kamis (13/6/2024).

Taufiq menyampaikan, bertambahnya volume data bagaikan pisau bermata dua.

Di satu sisi data yang jumlahnya besar akan bermanfaat jika diolah, dianalisi, dipahami dan digunakan dengan baik.

Baca juga : Menko Hadi Sampaikan 4 Arahan Pengelolaan Perbatasan Negara

Di sisi lain, data yang besar tersebut juga menjadi sebuah malapetaka jika tidak dikelola dengan baik.

Melihat hal ini sebagai seorang pimpinan memiliki tiga tugas utama. Pertama, number. Yakni, mendorong pengolahan data yang baik untuk pencapaian target layanan kepada masyarakat secara tepat dan terukur.

Kedua, people yang merupakan kemampuan pimpinan mengelola pegawai dengan berbagai skill yang dimilikinya sehingga mampu mencapai target organisasi.

Ketiga, culture. Yakni mendorong kesadaran akan pentingnya pengelolaan data dalam pengambilan keputusan.

“Ketiga hal ini menjadi pilar dalam pengolahan dan pengelolaan data di setiap instansi pemerintah, jadi setiap achievement yang telah dilakukan pemerintah harus disertai dengan data yang akurat," jelas Taufik.

Ia mengatakan, LAN sebagai lembaga pemerintah yang diberikan amanah dalam membina dan menyelenggarakan dan menyelenggarakan pengembangan kompetensi ASN terpanggil untuk mengembangkan kemampuan ASN di bidang data science.

Oleh karena itu, dua tahun terakhir ini LAN bekerja sama dengan Tanoto Foundation menyelenggarakan kompetisi di bidang pengelolaan data dan informasi yang dikemas dalam kegiatan LAN Datathon.

Baca juga : Gandeng Cisco, Telkom Hadirkan Solusi Untuk Layanan Cloud Terintegrasi

Selain itu, juga sebagai bukti komitmen LAN dalam mendorong satu data indonesia, LAN telah menerbitkan Peraturan Kepala LAN Nomor 5 Tahun 2020 tentang Satu Data Lembaga Administrasi Negara, yang menjadi dasar untuk dapat menghimpun dan menyediakan data sesuai untuk kemudian diinternalisasikan dalam proses perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi kebijakan.

"Sehingga menciptakan ekosistem yang terintegrasi dan terpadu dalam portal satu data LAN," tutur Taufik.

Dalam kesempatan yang sama Head of Policy and Advocacy, Tanoto Foundation, Eddy Henry menyampaikan, pelayanan publik yang terintegrasi menjadi sebuah tuntutan seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat.

Artificial Intelligence (AI) sebagai bagian yang integral dengan berbagai sektor kehidupan, memiliki peran signifikan dalam membantu masyarakat mengakses layanan publik yang lebih efisien, cepat dan mudah.

Namun, di balik itu semua terdapat tantangan yang dihadapi pemerintah. Di antaranya kemampuan dalam mengoptimalisasikan data dan informasi serta penggunaan AI dalam lingkup pelayanan publik.

Oleh karena itu Tanoto Foundation dan LAN berkomitmen untuk mendorong peningkatan literasi digital dan penguasaan keterampilan teknologi di kalangan ASN melalui edukasi yang intensif dan pelatihan keterampilan pengolahan dan analisis data.

"Diharapkan dapat berkontribusi dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik," ungkapnya.

Baca juga : Duta Damai Garda Depan Tingkatkan Daya Tangkal Terhadap Radikal Terorisme

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi LAN, Muhammad Firdaus menyampaikan, Datathon ini merupakan salah satu bentuk pengembangan kompetensi non konvensional di bidang data science yang diramu dalam bentuk perlombaan.

Akan dipilih peserta yang mampu menghasilkan solusi inovatif di bidang analisis dan visualisasi data.

Adapun project pada LAN Datathon 2024 ini berfokus pada data sheet dalam mendukung transformasi sosial yang merupakan salah satu agenda Rencana Pemerintah Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

Diharapkan, melalui project tersebut, dapat berkontribusi dalam perumusan kebijakan terkait pendidikan yang berkualitas dan merata, kesehatan serta perlindungan sosial yang adaptif. 

Selain mengundang seorang legenda tinju Indonesia, Ellyas Pical yang membahas bagaimana menggunakan data untuk menganalisis gerakan calon lawannya, dalam kegiatan ini juga dilakukan kegiatan penandatanganan komitmen bersama.

Penandatanganan dilakukan seluruh pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama sebagai produsen data untuk mendorong pengelolaan data dan informasi dengan baik, sehingga dapat berkontribusi dalam Satu Data Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.