Dark/Light Mode

PUPR Bangun Rusun Murah Untuk Mahasiswa Muhammadiyah Di Kota Pekanbaru

Kamis, 20 Juni 2024 12:01 WIB
Rusun Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI)
Rusun Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Muhammadiyah kembali mendapat ruman susun (rusun) untuk mahasiswa di Kota Pekanbaru. Rusun Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) ini dibangun oleh Kementerian PUPR dengan fasilitas lengkap dan biaya sewa yang terjangkau sehingga membuat penghuni betah dan fokus belajar.

Salah seorang  penghuni rusun UMRI, Raja Alfian (20 tahun) mengungkapkan, pembangunan Rusun yang dilaksanakan Kementerian PUPR sangat bermanfaat bagi para mahasiswa. Selain fasilitasnya lengkap, lokasinya juga dekat dari kampus sehingga membuat mahasiswa betah dan nyaman tinggal di hunian vertikal tersebut.

Menurut mahasiswa semester VI Program Studi ilmu Komunikasi  tersebut, sebelum tinggal di rusun, dirinya harus kos-kosan yang jaraknya cukup jauh sekitar tiga kilometer. Selain harus membeli sejumlah barang-barang untuk kebutuhan di kos, dirinya yang berasal dari luar kota juga  harus menyiapkan biaya atau ongkos perjalanan yang cukup banyak sekitar Rp 30.000 per hari di luar uang untuk membeli makanan.

Baca juga : Dubes RI Untuk Australia Siswo Pramono Hadiri Launching Direct Flight Canberra-Denpasar

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatakan, pembangunan rusun asrama mahasiswa merupakan salah satu wujud sinergitas Kementerian PUPR dengan perguruan tinggi di Indonesia. Sinergitas ini merupakan dukungan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh wilayah Indonesia yaitu dengan memberikan hunian yang nyaman bagi para mahasiswa.   

Iwan menerangkan, berdasarkan data Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera III, pembangunan Rusun mahasiswa UMRI dibangun dengan Kontrak Tahun Jamak (Multi Years Contract) sejak tahun 2022 – 2023.

Rusun dibangun satu tower dengan 43 unit hunian yang mampu menampung 168 mahasiswa dan setiap unit telah dilengkap dengan meubelair. Kontraktor pelaksananya adalah PT. Murda Jaya Abadi dan Konsultan MK PT Surya Cipta Engineering KSO CV Duta Prima Consultant. 

Baca juga : DPR Bentuk Pansus Untuk Evaluasi Ibadah Haji 2024, Ini Yang Akan Disoroti

“Kami menilai mahasiswa yang sedang menuntut ilmu diperguruan tinggi adalah generasi penerus bangsa yang dimasa depan. Dengan tinggal di Rusun ini mereka fokus belajar dan diharapkan mampu mendorong kualitas pendidikan secara merata di seluruh wilayah Indonesia," harapnya. 

Sementara itu,  Direktur Badan Usaha Milik Kampus UMRI, Firdaus mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah menyelesaikan pembangunan Rusun untuk mahasiswa UMRI. Pembangunan Rusun dinilai sangat membantu karena banyak mahasiswa UMRI yang berasal dari luar kota dan memiliki program pertukaran pelajar dari internasional sehingga kebutuhan untuk hunian layak untuk mahasiswa sangat diperlukan dan juga akan meningkatkan kemampuan belajar para mahasiswa yang berkuliah di UMRI ini. 

"Kami akan membentuk Tim Pengelola Rusun sehingga bangunan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dan menjaga aset ini dengan baik. Kami juga telah menyusun tata tertib penghuni dan meminta para mahasiswa untuk menjaga dan merawat aset Rusun dan meubelairnya yang ada," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.