Dark/Light Mode

Besok Sudah Bisa Dipakai

Asyik, Ruas Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Gratis Sebulan

Jumat, 15 November 2019 16:39 WIB
Presiden Jokowi (keempat kanan) saat meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung, di Gerbang Tol Simpang Pematang, Lampung, Jumat (15/11). (Foto: Hutama Karya)
Presiden Jokowi (keempat kanan) saat meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung, di Gerbang Tol Simpang Pematang, Lampung, Jumat (15/11). (Foto: Hutama Karya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung akhirnya diresmikan Presiden Jokowi pada Jumat (15/11) siang.

Sabtu (16/11) besok, jalan tol tersebut sudah bisa dioperasikan. Biayanya? Gratis selama sebulan.

"Besok pagi sudah dioperasikan, dicoba dulu sebulan digratiskan," kata Jokowi di Gerbang Tol Simpang Pematang, Lampung, seperti dikutip Antara, Jumat (15/11).

Baca juga : Pendaki Cilik Asal Tangerang Taklukkan Gunung Seorak, Korea Selatan

Jalan Tol Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang menyambungkan akses dari Lampung menuju Sumatera Selatan, adalah yang terpanjang di Indonesia. Panjangnya 189,2 km.

"Nanti kalau Desember tambah lagi ada Kayu Agung-Palembang, Manado-Bitung, Balik Papan-Samarinda Insya Allah target yang saya sampaikan 1.800 kilometer tercapai," ungkap Jokowi.

Jalan tol di Sumatera akan diteruskan hingga Aceh. Asal tahu saja, pembebasan lahan di Aceh saat ini sudah selesai 52 persen.

Baca juga : Pemerintah Buka Pintu bagi Asing Ikut Lelang Pembangunan Bandara Singkawang

Secara keseluruhan, Tol Trans Sumatera diharapkan tersambung pada 2024.

Konektivitas ini diharapkan mampu meningkatkan mobilitas orang dan barang, memperbaiki jaringan logistik. "Stok infrastruktur kita akan semakin meningkat, sehingga 'competitiveness index' kita akan menjadi sangat baik," ujar Jokowi.

Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung memiliki enam Simpang Susun (SS) yang terdiri dari SS Gunung Batin (KM 167), SS Menggala (KM 184), SS Lambu Kibang (KM 202), SS Way Kenanga (KM 218), SS Simpang Pematang (KM 239), dan SS Kayu Agung (KM 239).

Baca juga : LPIPB Ajak Mahasiswa Waspadai Petualang Politik Beragenda Negatif

Pemerintah menargetkan, Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung segera tersambung hingga Palembang pada akhir tahun 2019.

Dengan tersambungnya ruas Tol Trans Sumatera tersebut, waktu tempuh dari Bakauheni-Palembang sepanjang 365 Km akan lebih singkat menjadi 4-6 jam dari sebelumnya 10-12 jam. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.