Dark/Light Mode

Menteri Siti Sebut Gaya Kepemimpinan Hijau Mulai Meluas di Indonesia

Sabtu, 22 Juni 2024 22:14 WIB
Menteri LHK, Siti Nurbaya saat pembukaan Agenda Green Leadership Indonesia berupa talkshow yang mengambil tema ‘Sinergitas Green Leadership Untuk Masa Depan Pembangunan yang Berkelanjutan’, di Jakarta, Jumat, (21/6).
Menteri LHK, Siti Nurbaya saat pembukaan Agenda Green Leadership Indonesia berupa talkshow yang mengambil tema ‘Sinergitas Green Leadership Untuk Masa Depan Pembangunan yang Berkelanjutan’, di Jakarta, Jumat, (21/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepemimpinan Hijau atau Green Leadership merupakan kebutuhan bersama dari para pemimpin di berbagai belahan dunia untuk mengatasi dan meminimalisasi dampak negatif yang muncul dari kegiatan manusia dalam pembangunan.

Hal ini disampaikan Menteri LHK, Siti Nurbaya pada pembukaan Agenda Green Leadership Indonesia berupa talkshow yang mengambil tema ‘Sinergitas Green Leadership Untuk Masa Depan Pembangunan yang Berkelanjutan’, di Jakarta, Jumat, (21/6).

"Meluasnya gagasan kepemimpinan hijau di Indonesia saat ini, di mana semua sektor dan semua kalangan lintas generasi, baik di pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan swasta, NGO, kelompok masyarakat, bahkan perorangan pun sudah mulai melahirkan banyak sekali inovasi-inovasi berkelanjutan yang pro lingkungan dan menjadi titik awal dari lahirnya pemimpin-pemimpin hijau ke depannya," ujar Siti.

Menteri Siti melanjutkan, jika Green Leadership juga bisa diartikan sebagai kepemimpinan hijau, bersemangat, proaktif, penuh  inisiatif dan kreatif terhadap kepentingan orang banyak dan alam semesta, bervisi pada keseimbangan antara daya topang ekologi dan pembangunan, baik fisik maupun non fisik. 

Baca juga : Menteri Siti: Perhutanan Sosial Upaya Wujudkan Keadilan Pengelolaan Lahan

"Pada sisi lain kepemimpinan model ini mengedepankan kepentingan rakyat dalam mengakses tiap sumber daya yang ada, dan akan memformulasi kebijakan ramah lingkungan sekaligus berpihak pada kepentingan rakyat," imbuhnya.

Di tengah tantangan triple planetary crisis yakni perubahan iklim, polusi, dan ancaman kehilangan keanekaragaman hayati, menurutnya perlu langkah-langkah konkret  dan terstruktur untuk mengatasinya. 

Selama dua periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Indonesia telah banyak terlibat aktif di dalam kegiatan dan inisiasi global maupun nasional yang mengedepankan prinsip keberlanjutan lingkungan

Beberapa capaian penting telah diraih Indonesia, seperti telah terimplementasikannya kebijakan hijau yang telah membawa perubahan signifikan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. 

Baca juga : Jadi Energi Masa Depan, PLN Terus Kembangkan Ekosistem Hidrogen di Indonesia

Kemudian, program edukasi dan kampanye lingkungan yang telah berhasil meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kelestarian alam. Serta, pengembangan berbagai inisiatif inovatif yang melibatkan pemuda sebagai agen perubahan untuk masa  depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

"Keberhasilan kerja pemerintah dalam hal ini KLHK, pada berbagai aspek tidak lepas dari partisipasi publik. Kita memberikan ruang dan memperkuat partisipasi publik dalam pengambilan kebijakan, implementasi dan monitoring evaluasi pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan," jelasnya.

Menteri Siti menekankan, jika Talkshow Green Leadership ini yang sangat penting di tengah berbagai tantangan lingkungan yang kita hadapi saat ini. 

Ia menegaskan pula pentingnya pengarusutamaan pengembangan generasi lingkungan mulai dari level pemuda diberbagai organisasi/Lembaga khususnya pemerintahan. 

Baca juga : Menag Sarankan Jemaah Haji Pakai Masker Saat di Armuzna

"Generasi muda adalah masa depan bangsa yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan dan menerapkan solusi-solusi inovatif dalam menghadapi tantangan lingkungan yang semakin kompleks. Melalui  program-program pendidikan, pelatihan, dan  pemberdayaan kita harus memastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan semangat untuk  menjadi pemimpin hijau di masa depan," pungkasnya
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.