Dark/Light Mode

Menteri Agama Ajak Rakyat Maafkan Baasyir

Minggu, 20 Januari 2019 14:15 WIB
Menteri Agama Lukman Hakim. (Foto: Twitter @Kementrian Agama RI).
Menteri Agama Lukman Hakim. (Foto: Twitter @Kementrian Agama RI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin meyakini pimpinan jamaah Ansharut Tauhid itu tak berpotensi menyebarkan paham radikal usai dibebaskan. Menurutnya, kondisi Abu Bakar Ba’asyir sudah berbeda. Menteri dari partai Kabah ini mengakui, penilaiannya bisa saja salah dan subjektif.

Baca juga : Krisna Adi Tak Sadarkan Diri

Namun, dia melihat kondisi fisik Ba'asyir sudah berubah dari 5 atau 10 tahun yang lalu. Kondisinya melemah seiring bertambahnya usia. “Berpikir saja, orang setua beliau apa iya masih punya potensi untuk menyebarkan ajaran ajaran agama,” kata Lukman.

Baca juga : Mahathir: Masih Suka Balapan?

Dia juga meminta masyarakat memaafkan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir. Setiap agama mengajarkan saling memaafkan. “Mari kita maafkan, apalagi beliau kondisinya sudah tua. Sudahlah, kita maafkan, toh dia sudah menjalani dua per tiga hukuman yang dijatuhkan padanya,” kata Lukman.

Baca juga : Menteri Eko Klaim Dana Mendapatan Naik Hampir 50 Persen

Menag juga mengapresiasi bebasnya Abu Bakar Ba'asyir. Menurutnya, persetujuan itu didasarkan atas pertimbangan kemanusiaan, yakni usia Ba’asyir yang sudah tua dan sakit. “Persetujuan saya atas pembebasan Ustad Abu Bakar Ba’asyir itu lebih pada pertimbangan agama yang mengajarkan bahwa kepada sesama umat manusia, sebesar apa pun kesalahan dia, mari kita maafkan kekhilafan-kekhilafan atau kesalahan-kesalahannya,” kata Lukman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.